Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Smart Mom, Yuk Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim Saat Ramadhan!

Posted on 20 May 2019, 10:54 AM
Smart Mom, Yuk Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim Saat Ramadhan!

Selama bulan Ramadhan, banyak orang yang berlomba melakukan berbagai kebaikan, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Mereka meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah untuk kebaikan diri, serta berlomba untuk berbagi dengan orang lain.

Beberapa orang tua bahkan kerap memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan anaknya berbuat baik, dari mulai mengajarkan berpuasa, membiasakan bangun pagi untuk makan sahur, hingga menanamkan kebiasaan berbagi dengan cara memberikan santunan kepada anak yatim.

Apa Manfaatnya Bagi Si Kecil?

Tentu saja ada banyak manfaat yang bisa diperoleh Si Kecil saat mereka diajak berbagi kebahagiaan bersama anak yatim, salah satunya mengajarkan mereka untuk melihat dan mengetahui ketidak beruntungan yang dimiliki orang lain.

Dengan cara ini, Si Kecil diharapkan akan tumbuh jadi anak yang lebih peduli, memiliki empati, dan menjadi anak yang lebih bersyukur dengan keadaannya. Selain itu, masih ada beberapa manfaat lainnya, di antaranya adalah :

  1. Mengajarkan kepada Si Kecil jika manusia merupakan makhluk sosial, yang harus terus membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.
  2. Membangun silaturahmi dengan orang-orang baru, sekaligus meningkatkan kemampuan komunikasi dan sosialisasi Si Kecil.
  3. Menanamkan ketulusan, dan ikhlas dalam memberi. Jelaskan jika memberi kebaikan kepada orang lain, akan dibalas oleh kebaikan yang lebih besar oleh Tuhan, bukan oleh orang lain.
  4. Mengajarkan Si Kecil jika bahagia tidak hanya terpaku pada hal-hal yang bersifat material, tapi dengan memberi pun bisa membuatnya jadi lebih bahagia.
  5. Memperkuat keimanan Si Kecil. Hal ini disebabkan karena berbagi merupakan salah satu anjuran dalam agama yang harus dilakukan sebagai bentuk ketaatan Si Kecil.

Yang paling penting, Si Kecil akan menularkan kebaikan tersebut pada orang lain. Contohnya, ketika anak lain melihat Si Kecil bahagia ketika berbagi dengan anak yatim, anak-anak lainnya mungkin akan tertarik dan meminta orang tuanya untuk mengikuti langkah Si Kecil.

Bagaimana Smart Mom, sudahkan menyiapkan Si Kecil untuk tumbuh jadi anak yang gemar berbagi dengan mereka yang membutuhkan?

Prev Post

Buka Bersama, Ajang Silaturahmi atau Sekedar Unjuk Jati Diri?

Next Post

Sayur Bayam, Menu Sahur Sehat Favorit Seluruh Keluarga

SHARE TO