Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Menghilangkan Karat dari Peralatan Dapur

Posted on 10 September 2020, 07:30 PM
Tips Menghilangkan Karat dari Peralatan Dapur

Ada banyak penyebab hal yang bisa menyebabkan peralatan dapur menjadi berkarat, contohnya karena penyimpanan yang kurang tepat,  tidak segera mencuci setelah digunakan, atau bahan baku alat dapur yang memang kurang berkualitas.  Padahal karat tidak hanya bisa menyebabkan peralatan dapur cepat rusak (bolong), tapi juga menjadi kurang sehat karena tidak higienis.

 

Sebagai langkah pencegahan, usahakan untuk membeli peralatan dapur dari bahan yang berkualitas dan segera mencuci setelah digunakan. Setelah dicuci, langsung dikeringkan sampai benar-benar kering. Tapi, bagaimana jika sudah terlanjur berkarat? Tips berikut ini bisa Smart Mom coba. 

 

  1. Gunakan cuka & garam

 

Dua bahan yang biasanya untuk memasak ini bisa Smart Mom manfaatkan untuk menghilangkan karat. Cukup campurkan 2 sendok makan cuka dengan 1/2 sendok makan garam, kemudian oleskan di bagian yang berkarat dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, gosok dengan sabut besi dan sabun cuci piring seperti biasa. 

 

Jika karat masih susah dihilangkan, Smart Mom bisa merendamnya semalaman terlebih dahulu baru digosok dengan sabut besi dan sabun cuci piring .

 

  1. Perasan lemon & soda kue

 

Mirip dengan cuka, lemon juga bersifat asam dan bisa menghilangkan karat. Cukup peras 1 buah lemon kemudian campur dengan 2 sendok teh soda kue. Oleskan bagian yang berkarat, lalu diamkan selama 30 menit, kemudian gosok sampai karat menghilang. Jika karat masih menempel,  rendam alat masak dengan campuran ini yang sudah diberi air hangat. diamkan sekitar 1-2 jam baru gosok sampai karat menghilang.

 

  1. Minuman bersoda

 

Minuman bersoda juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada peralatan dapur. Cukup rendam peralatan dapur semalaman dengan minuman bersoda, lalu keesokan harinya karat akan luntur dan mudah untuk dibersihkan.

 

Selamat mencoba tips di atas dan semoga berhasil menyingkirkan karat yang menempel di peralatan dapur ya, Smart Mom!

Prev Post

Kangen Lumpia Semarang? Bikin Sendiri Yuk, Smart Mom!

SHARE TO