Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Mudah Mengurangi Limbah Rumah Tangga

Posted on 15 March 2021, 10:48 AM
Tips Mudah Mengurangi Limbah Rumah Tangga

Sampah rumah tangga adalah salah satu penyumbang terbesar tumpukan sampah di lingkungan. Berdasarkan laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2017, tiap harinya setiap orang menghasilkan 0,7 kg sampah. Nah, limbah rumah tangga yang berupa limbah padat, limbah cair, dan limbah elektronik termasuk di dalamnya.

Tugas pengolahan sampah memang tetap menjadi tanggung jawab pemerintah, namun tidak ada salahnya jika kita juga turut berpartisipasi mengurangi volume limbah rumah tangga. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tips mudah mengurangi limbah rumah tangga yang bisa Smart Mom terapkan di rumah.

  1. Mendaur ulang barang bekas

Mendaur ulang barang-barang bekas, seperti botol plastik atau kaleng minuman, adalah cara yang efektif untuk mengurangi limbah rumah tangga. Ide mendaur ulang barang-barang tersebut menjadi kreasi yang unik, bisa Smart Mom pelajari dengan mudah melalui video-video yang ada di internet.

  1. Membuat kompos dari limbah dapur

Limbah dapur bisa Smart Mom olah menjadi pupuk kompos yang tidak hanya bisa dipakai untuk menyuburkan tanaman tapi juga membantu mengurangi limbah rumah tangga yang bisa mencemari lingkungan. Smart Mom bisa melihat cara membuat kompos di artikel berikut ini:

Cara Mudah Membuat Kompos dari Limbah Dapur

  1. Mengurangi pemakaian plastik

Bukan rahasia lagi, sampah plastik menyumbang jumlah yang sangat besar di seluruh dunia. Sampah plastik juga sangat sulit terurai menyebabkan dampak yang sangat buruk bagi lingkungan. Salah satu cara supaya limbah rumah tangga berupa sampah plastik bisa berkurang, mari mulai mengurangi pemakaian kantong plastik. Smart Mom bisa menggunakan tote bag yang lebih ramah lingkungan karena bisa digunakan berulang kali.

Selain itu, untuk mendukung pengurangan sampah plastik, Smart Mom juga bisa memulainya dengan menggunakan deterjen Attack Anti Bau. Kemasan Attack lebih efektif dalam penggunaan plastik karena ukuran kemasan sesuai dengan ukuran isinya sehingga  penggunaan plastik pada kemasannya jadi lebih efisien dibandingkan kemasan lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Prev Post

Jenis-jenis Noda pada Pakaian yang Harus Segera Dibersihkan

Next Post

Musim Hujan Banyak Nyamuk? Gunakan Bahan Alami Ini untuk Mengusirnya!

SHARE TO