Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Mudah Untuk Relaksasi

Posted on 14 September 2017, 04:34 AM
Tips Mudah Untuk Relaksasi

Sebuah pompa air yang bekerja terus-menerus selama 24 jam setiap harinya, pastinya akan cepat rusak, karena tidak memiliki waktu untuk beristirahat. Tubuh kita pun memiliki kesamaan dengan pompa air tersebut: apabila tidak diistirahatkan, maka kemungkinan organ-organ tubuh kita akan cepat rusak dan membuat kita jatuh sakit. Tentu saja Smart Mom tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Oleh karena itu, jangan lupa untuk beristirahat secara rutin ketika melakukan pekerjaan sehari-hari. Setelah itu, lakukan relaksasi agar organ-organ tubuh kita juga bisa lebih tenang dan santai dalam beristirahat. Caranya pun sangat mudah dan bisa dilakukan oleh Smart Mom setiap hari:

1. Tarik napas dalam-dalam

Aktivitas sehari-hari akan membuat tubuh Smart Mom bekerja dengan sangat keras. Keharusan untuk bekerja ekstra keras dan cepat pun akhirnya membuat jantung memompa lebih cepat demi mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Tetapi, jantung juga butuh untuk beristirahat. “Menarik napas dalam-dalam selama beberapa menit dapat memperlambat degup jantung dan menurunkan tekanan darah,” ucap Judith Tutin, Phd., seorang psikolog.

Sisakan waktu lima menit di saat Smart Mom merasa sudah terlalu lelah saat harus menyelesaikan sebuah pekerjaan dan aktivitas. Duduklah di kursi atau bangku dengan tubuh yang tegap dan mata tertutup. Letakkan tangan di atas perut dan mulailah menarik napas dalam-dalam secara perlahan dengan menggunakan hidung. Rasakan udara yang masuk melalui dada, lalu meluncur secara perlahan menuju kepala. Setelah itu, keluarkan lewat mulut secara perlahan.

2. Berbicaralah

Berbicaralah dengan orang-orang terdekat ketika Smart Mom membutuhkan waktu untuk beristirahat. Bila tidak bisa bertemu, gunakan telepon. Ceritakan apa yang tengah Smart Mom alami atau masalah apa yang sedang dihadapi. Selain memperkuat tali persahabatan, kadar stress pun akan menurun.

3. Musik

Musik yang tepat dapat mengurangi tekanan darah dan kadar stress. Pilih lagu-lagu favorit yang dapat membuat hati dan pikiran Smart Mom tenang, lalu mulailah bernyanyi mengikuti irama musik. Bila bingung memilih lagu-lagu favorit, mulailah dengan mengumpulkan bunyi-bunyian alam, seperti bunyi debur ombak, kicauan burung, desiran angin, dsb. Mainkan bunyi-bunyian tersebut di saat yang menurut Smart Mom tepat untuk memperbaiki mood yang mulai memburuk.

4. Sadarilah diri sendiri

Mulailah menghidupkan kembali indera-indera perasa Smart Mom. Ketika berjalan di luar kantor atau berdiri di teras rumah, cobalah untuk merasakan udara yang menyentuh wajah. Rasakan juga sensasi ketika kaki-kaki Smart Mom menyentuh tanah ketika berdiri atau berjalan. Rasakan tekstur dari setiap makanan yang Smart Mom santap.

Ketika Smart Mom mulai menghidupkan indera-indera perasa yang telah “mati”, Smart Mom akan mulai mengalami penurunan tingkat stress secara bertahap atau bahkan menghilang semuanya secara tiba-tiba.

Prev Post

Menjadi Entrepreneur Ala Richard Branson

Next Post

Rahasia Menjadi Entrepreneur Sukses

SHARE TO