Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Sederhana Menjalin Hubungan Baik Dengan Tetangga

Posted on 18 July 2019, 10:46 AM
Tips Sederhana Menjalin Hubungan Baik Dengan Tetangga

Menjalin hubungan baik dengan tetangga pasti akan membuat hidup lebih menyenangkan. Namun, bagaimana memulai dan menjaganya? Apalagi tetangga bakal jadi orang pertama yang Smart Mom andalkan saat membutuhkan sesuatu atau pertolongan dalam keadaan darurat.

Bersikap manis dengan selalu memasang senyum saja tak cukup, lho, untuk mempertahankan hubungan dengan tetangga. Untuk Smart Mom yang sedang mencari cara buat bergaul di lingkungan sekitar, simak dan praktikan langkah-langkah di bawah ini, yuk!

  • Sambut kedatangan tetangga baru

Ada tetangga baru di samping rumah? Jangan tunggu mereka bertamu, Smart Mom! Berinisiatiflah dengan menyambut mereka. Caranya macam-macam, kok. Misalnya memperkenalkan diri setelah mereka selesai pindahan. Jika komunikasi yang dibangun berjalan lancar, jangan sungkan buat memberikan informasi penting seperti kontak jasa antar galon air mineral, laundry, perbaikan AC, dan lain-lain.

  • Meminta bantuan atau tawarkan pertolongan

Dalam bertetangga, jangan tunjukkan sifat terlalu agresif atau berjauhan dengan orang-orang di sekitar Smart Mom. Tetangga mungkin saja menjadi penolong Smart Mom saat ada masalah terjadi di keluarga. Sebaliknya, Smart Mom juga akan menjadi orang yang mereka cari saat membutuhkan pertolongan. Jadi, yuk, jaga sikap di depan tetangga dan jangan sungkan memberi bantuan.

  • Manfaatkan kesempatan berkomunikasi

Tips ini terdengar simpel, tetapi belum tentu mudah untuk dipraktikan. Lantas, kapan Smart Mom harus ambil kesempatan untuk berkomunikasi dengan tetangga? Salah satu momen terbaik yang diambil adalah saat mereka sedang beraktivitas di luar rumah, entah saat mereka menyiram tanaman atau berjemur matahari pagi dengan anak. Mulailah pembicaraan dari aktivitas tadi, lalu bangun komunikasi dengan topik-topik lain.

  • Hadiri acara komunitas di lingkungan sekitar

Luangkan waktu untuk menghadiri acara yang diselenggarakan komunitas yang ada di tempat tinggal Smart Mom. Mendatangi acara-acara tersebut akan memudahkan Smart Mom bergaul dengan tetangga yang jarang dilihat sehari-hari. Membantu menyiapkan takjil di masjid bisa juga Smart Mom jadikan peluang untuk berkenalan dengan para tetangga selama bulan puasa.

  • Jangan memperkeruh keributan yang terjadi

Setenang apa pun komplek atau apartemen yang Smart Mom tempati, kemungkinan keributan terjadi pasti akan ada. Hal ini bisa saja berlangsung di rumah tetangga atau malah Smart Mom yang terlibat. Dalam hal ini, pastikan Smart Mom tidak memperkeruh suasana. Panggil ketua RT atau pihak pengelola apartemen untuk melerai keributan.

Yuk jalin hubungan baik dengan tetangga, tak ada ruginya lho!

Prev Post

Mau Si Kecil Nyaman di Hari Pertama Masuk Sekolah? Ikuti Tips Ini Yuk!

Next Post

5 Bahan Pakaian yang Sebaiknya Jangan Disetrika

SHARE TO