Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Trik Mengolah Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Posted on 18 March 2020, 03:35 PM
Trik Mengolah Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Apa Smart Mom suka menyantap daging sapi, tetapi selalu kesulitan dalam mengolahnya? Masak hidangan berbahan dasar daging sapi memang harus hati-hati, karena kesalahan sedikit saja dapat membuat teksturnya alot atau gosong

Kabar baiknya, ada sejumlah langkah mudah yang bisa Smart Mom terapkan supaya daging sapi cepat empuk, antara lain:

  • Campur dengan daun pepaya atau nanas

Dua bahan ini bisa jadi penyelamat kalau Smart Mom tak mau menghancurkan daging. Dengan nanas, parut terlebih dulu buahnya, lalu balurkan ke seluruh permukaan daging dan diamkan selama beberapa saat. Sementara dengan daun pepaya, cincang kasar dan remas dulu, lalu oleskan ke seluruh permukaan daging dan diamkan 10 menit. 

  • Manfaatkan baking soda

Tak dipungkiri kalau baking soda adalah bahan serbaguna buat memasak. Banyak chef profesional yang memakainya buat mengolah daging sapi dengan menaburkannya ke seluruh bagian daging, lalu diamkan selama satu jam. Kandungan dalam baking soda mampu memecah kolagen yang bakal melunakkan tekstur. Selesai didiamkan, rendam daging di air dingin selama 15 menit sebelum diolah.

  • Menggunakan cuka atau jus jeruk

Cairan dengan kandungan asam bisa membantu proses pelembutan serat dan otot daging sekaligus memperkaya cita rasa. Smart Mom bisa menggunakan cuka apel atau cuka biasa untuk melumuri daging sapi sebelum dimasak. Langkah serupa juga dapat diaplikasikan dengan jus jeruk, lemon, dan jeruk nipis yang notabene punya kandungan asam tinggi.

  • Menaburkan garam laut

Garam tak hanya berfungsi menambahkan rasa asin atau gurih. Smart Mom ternyata bisa memakai bumbu dapur ini buat melunakkan daging sapi dengan cepat. Cukup taburkan garam laut ke seluruh bagian daging sapi dan diamkan selama satu jam. Kandungan dalam garam mampu menghancurkan ikatan protein dalam daging yang membuat teksturnya empuk.

  • Mengandalkan kopi murni

Jika Smart Mom punya waktu cukup lama, manfaatkan kopi murni buat mengempukkan daging sapi yang akan dimasak. Caranya, seduh kopi kental terlebih dulu dan tiriskan sejenak. Lantas, rendam daging selama 24 jam dan cuci sebelum Smart Mom masak. Tak hanya menghasilkan tekstur lembut, teknik ini akan membuat daging sapi mengeluarkan aroma khas saat diproses.

  • Memakai kola sebagai opsi alternatif

Langkah yang satu ini mungkin terdengar nyeleneh, tetapi sudah terbukti ampuh buat melembutkan daging sapi dan menghasilkan aroma unik. Kandungan asam yang terdapat dalam kola akan berubah jadi katalis, sehingga otot-otot dalam daging pun bakal cepat lunak. Caranya pun sangat mudah, cukup rendam daging dalam kola selama 30 menit.

Selamat mengolah daging, Smart Mom!

Prev Post

Telapak Tangan Ternyata Bisa Mendeteksi Penyakit Jantung

Next Post

Pola Asuh Ini Tidak Lagi Efektif untuk Anak Zaman Now

SHARE TO