Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tumbuh Gigi Bisa Sebabkan Demam, Haruskah Dipercaya?

Posted on 4 January 2019, 03:29 AM
Tumbuh Gigi Bisa Sebabkan Demam, Haruskah Dipercaya?

Selama ini banyak anggapan jika tumbuh gigi merupakan moment paling menyiksa bagi anak-anak. Selama proses tumbuh gigi, mereka akan merasa tidak nyaman di area gusi, rewel dan bahkan banyak yang percaya jika tumbuh gigi bisa menyebabkan anak demam. Benarkah?

Prof. Melissa Wake, peneliti dari Centre for Community Child Health di Royal Children’s Hospital di Melbourne, Australia, menjelaskan jika proses tumbuh gigi tidak akan menyebabkan anak demam. Melissa menjelaskan jika demam bukan disebabkan karena tumbuh gigi, tapi terjadi karena infeksi.

Makanya, saat anak mengalami demam ketika proses tumbuh gigi, hal yang harus Smart Mom lakukan adalah, mengatasi masalah infeksi tersebut, bukan menyalahkan proses tumbuh giginya.

Apa yang harus dilakukan orangtua?

Ada beberapa trik yang bisa Smart Mom lakukan untuk mengatasi masalah rewel dan mencegah demam saat anak tumbuh gigi,

  1. Beri mainan teething atau teether yang sudah didinginkan dulu di dalam kulkas. Proses ini dilakukan untuk memastikan teether steril, sehingga mengurangi risiko terjadinya infeksi.
  2. Usap jarinya dengan kain lembut, dan berikan sedikit tekanan agar dia merasa nyaman, sekaligus untuk membersihkan area gusi dan gigi Si Kecil. Tapi ingat, sebelum itu pastikan kain yang digunakan steril.
  3. Jika Si Kecil sudah diberi MP-ASI, berikan finger food kepadanya, misalnya wortel rebus, buncis rebus dan lainnya. Finger food akan membuat Si Kecil lebih nyaman dengan giginya.
  4. Umumnya, proses tumbuh gigi terjadi pada usia 4-7 bulan, di usia ini Si Kecil sedang senang menemukan hal baru, dan memasukkan ke dalam mulutnya. Untuk itu, pastikan Smart Mom selalu mengawasi pergerakan Si Kecil, jangan sampai dia memasukkan benda berbahaya ke mulutnya.

Jika Si Kecil terus rewel dan demam mencapai 37 derajat celsius, segera hubungi dokter. Demam tinggi karena infeksi bisa menyebabkan dampak serius bagi kesehatannya!

Prev Post

Kafein Bisa Memperlambat Pertumbuhan Si Kecil? Ini Faktanya

Next Post

Fakta Tentang Probiotik yang Perlu Smart Mom Ketahui

SHARE TO