Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

4 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Anak Mogok Sekolah Lho!

Posted on 1 February 2019, 04:39 AM
4 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Anak Mogok Sekolah Lho!

Entah kenapa tiba-tiba Si Kecil mogok sekolah. Meskipun sudah dibujuk dengan berbagai cara, tetap saja dia enggan untuk pergi ke sekolah. Jika kondisi seperti ini menimpa Smart Mom, sebaiknya waspada. mungkin ada hal yang membuatnya enggan untuk kembali ke sekolah.

Berikut merupakan 4 hal yang paling banyak menyebabkan anak mogok sekolah.

Mengalami Bullying

Bullying memang mengerikan. Selain bisa menyebabkan anak stres dan mungkin terluka akibat perlakukan kasar teman-temannya, bullying pun bisa membuat anak malas untuk sekolah. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah, bullying bisa menyebabkan anak trauma sekolah.

Biasanya, anak yang terkena bullying cenderung pendiam, dan tidak bisa mengungkapkan alasan kenapa dia enggan untuk sekolah. Dia pun terlihat sangat ketakutan, dan sering mengigau saat tidur.

Anak Bosan Sekolah

Ada beberapa anak yang malas pergi sekolah karena alasan sekolah sangat membosankan. Biasanya, ini dialami oleh anak yang baru masuk SD. Proses transisi ini terkadang membuat mereka ingin kembali ke TK karena di sana dia bisa bermain sepuasnya, dan sistem belajarnya pun tidak seketat SD.

Untuk yang satu ini, solusi terbaik adalah dengan membantu memuluskan masa transisi anak. Caranya banyak, salah satunya dengan memberi pengertian tentang naik level (dari TK ke SD). Katakan jika SD merupakan level yang lebih tinggi ketimbang TK, dan dia sudah pantas berada di level tinggi.

Rumah Lebih Menyenangkan

Liburan kemarin, dia berhasil mendapatkan rangking dan Smart Mom pun memberikan hadiah berupa video games atau hal yang menurutnya menarik. Nah, saat waktu sekolah kembali, Si Kecil jadi malas sekolah karena di rumah ada benda yang membuatnya merasa senang. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya Smart Mom memberi pengertian terkait alasan dia mendapatkan hadiah.

Menyerah Dengan Pelajaran

Mungkin saat di sekolah Si Kecil mendapatkan kesulitan dengan mata pelajaran tertentu. Karena tidak kunjung mendapatkan solusi, akhirnya dia menyerah dan memutuskan untuk tidak sekolah.

Dalam kondisi seperti ini, Smart Mom bisa bertanya apa mata pelajaran yang menurutnya sangat sulit, kemudian bimbing dia agar bisa memahaminya. Dengan begitu, Si Kecil akan kembali bersemangat untuk masuk sekolah.

Prev Post

Trik Agar Si Kecil Tumbuh Jadi Orang yang Memiliki Empati

Next Post

Tips Mencuci Kain Serbet Dapur

SHARE TO