Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

4 Hobi yang Bisa Mengasah Kecerdasan Si Kecil

Posted on 28 January 2021, 01:56 PM
4 Hobi yang Bisa Mengasah Kecerdasan Si Kecil

Di tengah kesibukannya bersekolah, anak-anak pasti juga membutuhkan waktu untuk menyegarkan pikiran dan mengisi ulang tenaga mereka. Biasanya waktu-waktu itu akan Si Kecil habiskan dengan melakukan beragam hobi yang memang ia gemari.  Selain bisa menyegarkan pikiran, ternyata ada beberapa hobi yang secara tidak langsung bisa membuat sang buah hati menjadi lebih cerdas.

Apa saja? Berikut adalah 4 hobi yang bisa mengasah kecerdasan Si Kecil.

  1. Bermain Game Strategi

Tidak jarang orang tua merasa tidak suka ketika sang buah mengisi waktu luangnya hanya dengan bermain game. Padahal, jika dimainkan dalam batas waktu yang wajar ternyata bermain game bisa menjadi sarana yang bagus untuk mengasah kemampuan berpikir Si Kecil.

Game-game berbasis strategi bisa membuat Si Kecil perlu memutar otak ketika memainkannya. Hal ini bisa membuat mereka terbiasa hati-hati dalam mengambil keputusan dan memperkirakan berbagai risiko yang mungkin terjadi.

  1. Berkebun

Jika Si Kecil memang punya ketertarikan untuk bercocok tanam, Smart Mom sangat disarankan untuk mendukungnya karena hobi yang satu ini juga bisa meningkatkan kecerdasannya. Saat berkebun, biasanya kita harus mempertimbangkan banyak hal, seperti memilih area, memilih bibit yang bagus, memelihara siklus pertumbuhan tanaman, dan tentunya memperhatikan kebutuhan setiap tanaman dengan baik.

Nah, hal-hal tersebutlah yang akan membantu mengasah kemampuan multitasking pada otak. Tidak hanya itu, Si Kecil yang memiliki hobi berkebun juga akan terlatih kemampuan ingatannya karena terbiasa memperhatikan pertumbuhan tanaman dan juga mengingat jenis-jenis tanaman yang sudah ia tanam.

Jangan khawatirkan baju Si Kecil yang kotor setelah berkebun karena ada deterjen Attack Anti Bau yang sangat ampuh menyingkirkan segala noda membandel yang menempel pada pakaian, termasuk noda tanah setelah berkebun.

  1. Membaca Buku

Sudah bukan rahasia lagi, hobi yang satu ini memang banyak sekali manfaatnya dan salah satunya adalah meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Membaca buku akan melatih konsentrasi dan daya tangkap Si Kecil. Tidak hanya itu, membaca juga bisa mengasah imajinasi Si Kecil untuk mampu berpikir secara kreatif .

  1. Menonton Film atau Video

Mirip dengan bermain game, tidak sedikit orang tua yang kurang suka jika sang buah hati menghabiskan waktunya dengan menonton film atau video. Padahal, menonton film atau video juga memiliki manfaat. Dilansir dari sebuah artikel di laman situs klikdokter.com yang ditulis oleh dr. Jessica Florencia, Sp.PK, menonton tak selalu buruk untuk anak.

Kegiatan menonton ini juga bisa seru dan edukatif, tapi tentu saja dengan syarat bahwa film atau video yang ditonton oleh anak-anak haruslah edukatif dengan isi yang cocok dengan usia mereka.

Itulah beberapa hobi yang bisa mengasah kecerdasan Si Kecil. Semoga informasinya bermanfaat!

Prev Post

Donat Krim Susu, Street Food Korea yang Sedang Viral

Next Post

Cara Mengajarkan Si Kecil untuk Beramal

SHARE TO