Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

5 Manfaat Mengajarkan Hidup Hemat pada Si Kecil

Posted on 20 December 2021, 10:44 PM
5 Manfaat Mengajarkan Hidup Hemat pada Si Kecil

Smart Mom pasti sudah banyak yang tahu bahwa jika ingin menanamkan sesuatu untuk masa depan Si Kecil, ajarkan ia sedari dini. Ada banyak hal yang sebaiknya ditanamkan sedari dini dan salah satunya adalah mengajari Si Kecil untuk hidup hemat. Berikut adalah 5 manfaat mengajarkan hidup hemat pada Si Kecil.

 

  1. Bertanggung jawab atas keputusannya

 

Salah satu cara hidup hemat adalah selalu mempertanggungjawabkan semua keputusan. Contohnya, saat ingin membeli sesuatu, pastikan barang tersebut akan berguna dan sering digunakan. Jika ini ditanamkan pada Si Kecil sedari dini, mereka akan jadi pribadi yang penuh pertimbangan dan bertanggung jawab akan keputusannya.

 

Pada awalnya, Si Kecil biasanya masih akan mengikuti kata hatinya. Tapi lama kelamaan, mereka akan belajar untuk mengasah logikanya. Semakin sering diajarkan, dan dilakukan mereka akan bisa mempertanggungjawabkan keputusannya saat membeli atau mengambil sesuatu.

 

  1. Tidak mudah tergoda membeli barang yang tak perlu

 

Karena masih kecil, maka umumnya anak-anak belum paham apa itu boros dan hemat. Karena itu, Smart Mom disarankan untuk memperkenalkan kedua konsep tersebut.  Smart Mom bisa mengajarkan Si Kecil untuk hemat dengan mempertimbangkan dengan baik alasan membeli sebuah barang. Apakah barang tersebut akan benar berguna, atau cuma ingin dibeli karena menuruti keinginan saja.

 

Ajak Si Kecil untuk menilai apakah barang tersebut dianggap perlu atau tidak. Semakin sering melakukan pertimbangan ini, Si Kecil akan terasah untuk melakukan hal itu setiap ingin membeli sesuatu. Ketika konsep ini sudah tertanam di dirinya, mereka akan menjadi tak mudah tergoda membeli barang-barang yang tidak perlu.

 

  1. Jauh dari kebiasaan mengutang

 

Saat mengajarkan kebiasaan berhemat, para orang tua biasanya mengajak anak-anaknya untuk menabung. Kebiasaan menabung inilah yang bisa membantu Si Kecil menjadi pribadi yang tidak terbiasa dengan mengutang.  Si Kecil tidak akan berpikir untuk berhutang karena ia memiliki uang di tabungan yang bisa ia pakai untuk memenuhi keperluannya.

 

  1. Menjadi pribadi yang mandiri

 

Dengan memiliki tabungan hasil ia berhemat dari uang yang diberikan oleh orang tuanya, selain bisa menjauhkan mereka dari kebiasaan berhutang, mereka juga bisa menjadi pribadi yang mandiri. Saat menginginkan sesuatu, ia tak perlu meminta untuk dibelikan karena ada uang tabungan yang bisa ia pakai.  Hal ini jika terus dibiasakan akan membuat Si Kecil menjadi pribadi yang mandiri sampai dewasa nanti.

 

  1. Menghargai sesuatu yang kecil

 

Menurut sebuah penelitian yang dikutip dalam The High Price of Materialism oleh Tim Kasser, semakin materialistis anak muda, akan semakin tidak bahagia hidup mereka. Pasalnya, selalu mendapatkan hal diinginkan bisa menimbulkan perasaan kurang bersyukur akan hal-hal kecil yang sudah dimiliki. Tidak sama dengan mereka yang hidup hemat sejak kecil, mereka akan jauh lebih bersyukur dengan setiap hal kecil dalam hidupnya.

 

Itulah beberapa manfaat mengajarkan hidup hemat pada Si Kecil. Bicara hidup hemat, Smart Mom juga harus memberi contoh pada Si Kecil ya! Salah satunya dengan selalu membuat rancangan biaya pengeluaran dalam sebulan, hingga memangkas berbagai pengeluaran yang dinilai kurang efektif.

 

Salah satu cara untuk menghemat dan mengatur pengeluaran agar lebih efektif adalah dengan menggunakan produk berkualitas, termasuk produk untuk mencuci pakaian. Untuk urusan mencuci pakaian, selalu percayakan pada deterjen Attack Anti Bau dan pewangi pelembut Attack Fresh Up yang akan membantu pengeluaran karena mampu memberi hasil maksimal tanpa harus digunakan secara berlebihan (sesuai takaran), sehingga Smart Mom bisa menghemat pengeluaran.

 

Deterjen Attack Anti Bau ampuh menyingkirkan bau tak sedap serta efektif menghilangkan segala noda membandel yang menempel di pakaian keluarga tercinta. Sempurnakan dengan pewangi pelembut Attack Fresh Up yang memiliki teknologi Anti Bau 48 jam akan menjaga pakaian seluruh anggota keluarga dari pertumbuhan kuman penyebab bau, membuat pakaian lebih lembut mudah disetrika dan wangi segar 48 jam nempel terus.

Prev Post

Cara Cerdas Menabung untuk Beli Rumah Sendiri

Next Post

Trik Pintar Baju Bersih Maksimal dan Wangi Segar Selama 48 jam

SHARE TO