Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Anak Tiba-tiba Nimbrung Saat Orangtua Sedang Bicara, Smart Mom Harus Bagaimana?

Posted on 5 June 2018, 08:29 AM
Anak Tiba-tiba Nimbrung Saat Orangtua Sedang Bicara, Smart Mom Harus Bagaimana?

Saat acara kumpul bersama teman-teman, bukan hal yang aneh jika para orangtua turut membawa serta anak-anaknya. Tujuannya, selain agar Smart Mom bisa temu kangen dengan teman-teman lama, aktivitas ini pun diharapkan bisa jadi ajang bersosialisasi anak-anak.

Tapi masalahnya, saat orangtua sedang asyik ngobrol, terkadang Si Kecil dengan polosnya ikut nimbrung dalam pembicaraan.

Terkait hal ini, psikolog anak dari Tiga Generasi, Fathya Artha Utami, menghimbau agar orangtua memilih topik pembicaraan yang tidak terlalu sensitif bagi anak-anak. Pasalnya, terkadang anak akan ikut nimbrung dalam pembicaraan karena dia pun pada dasarnya ingin terlibat dalam obrolan tersebut.

Jika ini terlanjut terjadi, Smart Mom harus bisa mengarahkan orangtua lainnya untuk mengganti topik pembicaraan yang lebih umum, atau yang aman bagi anak-anak. Misalnya terkait pendidikan, sekolah, mainan dan lainnya.

Selalin itu, Smart Mom pun disarankan untuk melakukan beberapa hal, diantaranya:

  • Sebaiknya berikan Si Kecil aktivitas atau permainan yang membuatnya sibuk ketika Smart Mom ngobrol dengan orang tua lainnya.
  • Sesekali berikan anak-anak perhatian. Contohnya, dengan memberikan elusan, sentuhan dan lainnya.
  • Jika anak-anak sudah cukup besar dan mereka dianggap bisa menjaga diri, sebaiknya suruh mereka untuk bermain di tempat terpisah. Dengan catatan, pastikan mereka tertib dan mudah diawasi.
  • Berikan pengertian kepada orangtua lainnya agar tidak membahas hal-hal yang sensitif bagi anak-anak saat mereka mulai medekat.
  • Saat anak-anak ada yang mendekati Smart Mom dan orangtua lainnya, jangan diusir, tapi sapa dulu mereka dan beri arahan untuk kembali bermain dengan teman-temannya.

Perlu diingat, anak-anak merupakan kertas polos yang mudah sekali menangkap apa yang dia dengar, kemudian menyimpannya dalam memori mereka. Untuk itu, biasakan membicarakan hal-hal yang baik disekitar mereka.

Pernah punya pengalaman anak tiba-tiba nimbrung dan larut dalam obrolan orangtua? Terus apa reaksi Smart Mom. Sharing yuk!

Prev Post

Ini 3 Cara Terbaik Ajarkan Anak Sopan Santun Sejak Dini!

Next Post

Cara Mengatur Keuangan Ibu Zaman Dulu Ini Masih Relevan Dipakai di Zaman Now!

SHARE TO