Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Anak Tidak Jera dengan Hukuman? Ini yang Sebaiknya Smart Mom Lakukan!

Posted on 15 November 2018, 06:32 AM
Anak Tidak Jera dengan Hukuman? Ini yang Sebaiknya Smart Mom Lakukan!

Agar anak-anaknya disiplin, terkadang orangtua akan memberikan hukuman, dari mulai mengurangi uang jajan, hukuman time out dan lainnya. Tapi kok setelah mendapat hukuman, Si Kecil masih enggan berubah. Dia masih saja betah dengan tindakan tidak patuhnya?

Kalau masalah ini sedang Smart Mom hadapi, sebaiknya lakukan beberapa trik berikut ini saat hukuman tidak memberikan efek jera pada Si Kecil.

Metode Hukuman Yang Kurang Tepat

Sebelum memberikan hukuman, hal pertama yang harus Smart Mom kuasai adalah, metode pemberian hukuman yang efektif. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Developmental Psychology, hukuman akan efektif jika disesuaikan dengan kategori usia Si Kecil.

Pada Balita (di bawah 5 tahun), hukuman yang paling efektif adalah dengan metode time out. Hal ini dilakukan agar Si Kecil diberi kesempatan untuk merenungkan kesalahannya.

Sedangkan bagi anak yang berusia di atas lima tahun (pra-sekolah atau usia sekolah), hukuman tambahan tugas rumah atau tidak diizinkan melakukan aktivitas favorit anak untuk sementara merupakan hukuman terbaik. Misal, memotong waktu menonton, memotong waktu main dan lainnya.

Tidak Konsisten

Saat awal sosialisasi, Smart Mom begitu tegas dengan aturan yang dibuat. Setelah beberapa lama, aturan tersebut mulai dilonggarkan, bahkan dilanggar dengan alasan kasihan dan lainnya.

Menurut Dr. Paul Frick, peneliti dari University of New Orleans, Amerika, konsisten dengan peraturan merupakan kunci utama keberhasilan dalam mendisiplinkan anak. Sikap yang tidak konsisten malah akan membuat anak berani melanggar aturan karena mereka yakin orangtuanya akan memaklumi kenakalan mereka.

Jika akan melonggarkan aturan, atau mengganti aturan lama dengan aturan baru, sebaiknya ajak Si Kecil berdiskusi dan ajak mereka menentukan aturan yang baru. Setelah semua sepakat, baru berlakukan aturan baru tersebut.

Tidak Memberi Contoh

Apa yang dilakukan anak-anak, merupakan cerminan dari kepribadian orangtua. Jika Smart Mom meminta Si Kecil untuk bangun tepat waktu, tidak malas sekolah, dan lainnya, maka berikan mereka contoh dengan cara bangun lebih pagi, antar Si Kecil hingga ke pintu gerbang sekolah dan lainnya.

Bagaimanapun juga, orangtua merupakan role model dari Si Kecil. Berikan contoh tentang kedisiplinan, dan mereka pun akan disiplin dengan aturan yang sudah ditetapkan.

 

Prev Post

Trik Pintar Mengatasi Anak yang Emosinya Tinggi

Next Post

Trik Agar Si Kecil Tidak Minta Digendong Terus

SHARE TO