Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Ayah Tidak Boleh Memandikan Anak Perempuan. Benarkah?

Posted on 25 April 2019, 08:30 AM
Ayah Tidak Boleh Memandikan Anak Perempuan. Benarkah?

Ada banyak kesepakatan tidak tertulis terkait pola asuh yang cukup populer di Indonesia, salah satu yang cukup populer adalah, aturan terkait memandikan anak perempuan. Konon katanya, ayah tidak boleh memandikan anak perempuan.

Sebenarnya tidak ada alasan yang jelas kenapa sebagian besar masyarakat Indonesia melarang ayahnya memandikan anak perempuan. Kebanyakan hanya beralasan pamali, atau tabu. Ada juga yang beranggapan ini tidak sesuai dengan norma sosial dan agama.

Lantas, bagaimana menurut pandangan pakar?

Sebenarnya larangan tersebut tidak berlaku untuk semua. Pasalnya, menurut Adisti F. Soegoto, M Psi.,  dari Psikolog dari Mayapada Hospital, sebelum usia Si Kecil mencapai 3 tahun, atau ketika anak masih belum memahami tentang tubuh dan gender, anak masih bisa dimandikan ayahnya.

Tapi jika anak sudah mengenal gender, sudah memahami bagian tubuh mana yang harus dilindungi, dan lainnya, maka Si Kecil mutlak tidak boleh dimandikan ayahnya.

Tentu saja tujuannya bukan untuk menjauhkan anak dari ayahnya, tapi sebagai bentuk perlindungan, dan pembiasaan diri agar Si Kecil tahu ada batas-batas tertentu dalam tubuhnya yang tidak boleh dilihat dan disentuh oleh orang lain, termasuk oleh ayahnya sendiri.

Ajarkan juga Si Kecil tentang sentuhan terlarang. Misalnya, ayahnya boleh memegang tangannya atau mencium kening dan pipinya, tapi untuk area sensitif, seperti bagian bokong, alat kelamin, dada dan lainnya, siapapun tidak boleh menyentuhnya, bahkan Smart Mom sendiri sebagai ibunya.

Batasan-batasan ketat ini sangat dibutuhkan untuk memberi pelajaran kepada Si Kecil terkait perlindungan dan citra diri sebagai anak perempuan. Jika ada yang melakukan sentuhan, apalagi jika dilakukan secara paksa, ajarkan dia untuk berteriak dan meminta pertolongan.

Prev Post

Minuman Panas dan Makanan Pedas Sebabkan Kanker Mulut. Benarkah?

Next Post

Trik Bijaksana Menghadapi Rengekan Si Kecil

SHARE TO