Bagikan

Begini Cara Cuci Batik agar Tetap Terawat

Diupload pada 26 October 2023, 07:46 PM Smart Parenting
Begini Cara Cuci Batik agar Tetap Terawat

Batik adalah warisan dan identitas bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Smart Mom dapat turut ambil peran dengan merawat batik yang Smart Mom miliki dengan baik. Salah satunya dengan mencuci batik dengan cara yang tepat. Yuk intip tips mencuci batik agar tetap terawat!

Pisahkan dengan pakaian yang lain

Terdapat beberapa bahan pakaian bersifat mudah luntur saat dicuci. Nah, untuk menghindari terjadinya luntur pada batik kesayangan, pisahkan batik dari pakaian lainnya terlebih dahulu sebelum mencucinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna asli dari batik kesayangan Smart Mom.

Dicuci dengan tangan

Saat mencuci batik, dianjurkan untuk mencuci menggunakan tangan dari pada mesin cuci. Kenapa? Karena mencuci batik dengan mesin cuci berisiko merusak serat-serat bahan batik yang akhirnya bisa menurunkan kualitas batik.

Cuci sendiri

Agar batik kesayangan tetap bersih dan terawat, Smart Mom sangat disarankan untuk mencuci sendiri. Harus diakui, mencuci batik ke laundry memang hemat tenaga, tapi tidak ada yang bisa menjamin apakah batik kesayangan Smart Mom dicuci dengan tepat dan higienis. Karena ada kemungkinan batik tercampur dengan pakaian orang lain. Selain itu, mencuci di laundry juga lebih mahal ketimbang mencucinya sendiri. Oleh karena itu, dengan mencuci sendiri, Smart Mom jadi lebih hemat, serta batik jadi lebih higienis dan terawat.

Memakai deterjen khusus batik

Pemilihan deterjen yang tepat merupakan salah satu kunci untuk membuat kain batik tetap terawat, yaitu dengan menggunakan Attack Batik Care yang canggih merawat batik kesayangan Smart Mom.

Attack Batik Care merupakan deterjen yang memang dirancang khusus untuk mencuci dan merawat batik, sehingga warna batik tetap cerah. Selain itu deterjen Attack Batik Care juga mampu melindungi tekstur kain batik, sehingga batik kesayangan Smart Mom tidak berkerut dan tidak mudah berbulu. Selain menjaga warna dan melindungi batik dari kerusakan, Attack Batik Care juga mampu menghilangkan noda dan bau, sehingga batik akan wangi segar dan lembut.