Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Benarkah Gigi Si Kecil Bisa Rusak Karena Terlalu Sering Menghisap Jarinya?

Posted on 9 April 2019, 04:17 PM
Benarkah Gigi Si Kecil Bisa Rusak Karena Terlalu Sering Menghisap Jarinya?

Salah satu kebiasaan Si Kecil yang cukup sulit dihentikan adalah, sering mengemut atau menghisap jarinya. Biasanya, kebiasaan ini dilakukan saat Si Kecil sedang tidak menyusu, sedang berusaha dijauhkan dari empeng, atau ketika dia sedang sendirian dan bosan.

Terdapat banyak mitos terkait kebiasaan Si Kecil yang sering menghisap ibu jarinya, salah satunya menyebut jika gigi Si Kecil akan rusak jika terus melakukan kebiasaan ini. Benarkah?

Dilansir dalam Howstuffworks, para pakar tumbuh kembang anak menduga jika sekitar 80 persen bayi di dunia terikat dengan kebiasaan menghisap jempol. Kebiasaan ini merupakan hal yang normal, dan biasanya ini dilakukan untuk menenangkan diri, atau mencari kenyaman dan rasa aman.

Meskipun hal yang normal, sebaiknya Smart Mom menghentikan kebiasaan ini. Menurut pakar kesehatan gigi, Prof Heriandi S, drg. SP. KGA (K), PHD., kebiasaan mengisap jari bisa mempengaruhi tumbuh kembang rahang dan struktur gigi, dan meningkatkan risiko gigi tonggos. Selain itu, kebiasaan menghisap jari ini merupakan kebiasaan buruk yang cenderung sulit dihentikan, bahkan bisa terbawa hingga besar nanti.

Maka dari itu, sebaiknya Smart Mom segera menghentikan atau mengoreksi posisi Si Kecil saat dia sedang menghisap jarinya. Cara ini dilakukan agar dia tidak terus terbiasa mencari kenyamanan dengan cara ini.

Prof Heriandi pun menyarankan agar ikut merawat kesehatan dan pertumbuhan gigi Si Kecil dengan cara memberikan asupan nutrisi yang mengandung kalsium, kalium, zat besi, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk memaksimalkan tumbuh kembang giginya.

Penting untuk menjauhkan Si Kecil dari makanan dengan kadar gula yang tinggi, dan hendaknya periksakan gigi Si Kecil secara berkala. Idealnya, pemeriksaan pertama gigi anak bisa dilakukan saat usianya mencapai 3 tahun, dan terus diulang setiap 6 bulan sekali.

Ajarkan juga kebiasaan baik merawat gigi dengan cara berkumur setelah makan, dan rutin menyikat gigi sebelum tidur dan pagi hari setelah bangun tidur. Dengan kebiasaan baik ini, gigi Si Kecil pun akan lebih kuat, dan tumbuh maksimal.

Prev Post

Pusar Bayi Perlu Ditindih Koin Agar Tidak Bodong, Mitos atau Fakta?

Next Post

Trik Mencuci Sapu Tangan Agar Tetap Lembut dan Higienis

SHARE TO