Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Benarkah Pisang Bisa Bikin Anak Tidur Nyenyak?

Posted on 7 May 2019, 03:08 AM
Benarkah Pisang Bisa Bikin Anak Tidur Nyenyak?

Pisang merupakan salah satu buah super dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari vitamin A, B, C, hingga mineral seperti kalium, magnesium dan lainnya. Karena kandungan nutrisi tersebut, konon katanya pisang bisa membuat Si Kecil tidur lebih nyenyak.

Benarkah pisang bisa bikin tidur lebih nyenyak?

Penelitian yang dilakukan University of Wisconsin, dan dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience tahun 2007, menyebut jika rutin mengkonsumsi pisang di malam hari (sebelum tidur), cukup efektif untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur.

Dalam penelitian ini, tim peneliti menemukan jika zat-zat aktif dalam pisang, cukup efektif dalam mengontrol aliran kalium (potassium) menuju ke dalam sel yang bertugas untuk mempertahankan tidur normal, dan mempercepat proses datangnya tidur lelap atau deep sleep.

Dilansir dalam huffington post, pisang memang dikenal sebagai salah satu contoh buah dengan kandungan kalium yang sangat tinggi. Setiap 100 gram pisang dapat mengandung kalium hingga 400 mg, atau setara dengan jumlah kalium dalam segelas jus jeruk dan kentang kukus.

Yang paling menarik, tidak hanya membuat tidur lebih nyenyak, ternyata pisang pun efektif untuk membantu mengatasi masalah sleep apnea (gangguan susah bernapas saat tidur), terutama pada penderita obstructive sleep apnea (OSA) yang berisiko mengalami tersedak berulang kali saat tidur.

Dalam penelitian yang dilakukan University of New England di New South Wales, menyebut jika aktivitas fosfolipid pada pisang dapat membantu membuka aliran udara (airway) pada tenggorokan penderita apnea. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa jika mengkonsumsi pisang sebelum tidur, fosfolipid dari pisang ternyata masih tertinggal di dalam mulut setelah tidur sampai 6 jam. Yang cukup membahagiakan, Dr Tom Van der Touw, salah satu peneliti dari University of New England, menjelaskan jika hasil penelitian ini tidak hanya berlaku untuk anak-anak saja, tapi berlaku untuk semuanya, termasuk orang dewasa.

Agar lebih maksimal, Smart Mom bisa mengkonsumsi pisang dengan tambahan segelas susu murni atau diblender menjadi smooties. Jangan lupa, mandi air hangat sebelum tidur pun cukup efektif mendatangkan sensasi rasa kantuk yang membuat tidur jadi lebih berkualitas. Semoga bermanfaat!

Prev Post

Apakah Arisan Termasuk Dalam Investasi?

Next Post

Mengajari Kelola Emosi, Bisa Bikin Si Kecil Sukses Lho!

SHARE TO