Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Bermain Bisa Jadi Media Bagi Anak Belajar Hadapi Masa Depan

Posted on 6 November 2018, 05:29 AM
Bermain Bisa Jadi Media Bagi Anak Belajar Hadapi Masa Depan

Dunia anak memang dunianya bermain. Dengan bermain, mereka akan belajar bagaimana bersosialisasi, berkomunikasi, dan berkompetisi. Menurut pakar tumbuh kembang anak, bermain bisa jadi media belajar yang efektif agar Si kecil mampu menghadapi masa depannya.

Hal ini terbukti dari hasil penelitian The Centre for Research in Early Childhood Education and Care di Denmark, yang menyatakan anak-anak di bawah 6 tahun dan bebas bermain di alam, lebih mampu menghadapi kehidupan ketimbang anak-anak  yang sudah aktif di sekolah berbasis akademis.

Dalam keterangannya, Dr Tomas Ellegaard, ketua tim peneliti dari The Centre for Research in Early Childhood Education and Care, berpendapat jika penelitian ini membuktikan jika anak harus mencari dan mendapat jawaban sendiri terkait dengan kehidupannya.

Mereka memang membutuhkan pelajaran secara formal di sekolah, tapi mendorong anak agar berprestasi harus diimbangi dengan kemampuan menganalisa, dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Menurutnya, alam sudah menyediakan itu semua dengan sempurna.

Terkait dengan menjamurnya sekolah di bawah umur, seperti daycare atau kelompok belajar, Tomas menyarankan agar Smart Mom mencari sekolah yang berbasis permainan. Untuk sekolah yang berbasis akademis (sekolah formal), bisa dimulai setelah usia 6 tahun.

Bermain Membuat Anak Lebih Bahagia

Menurut Nadya Pramesrani, M.Psi, Psi,. Psikolog Keluarga, sekaligus Co-Founder Rumah Dandelion, anak-anak punya energi lebih yang harus disalurkan dengan cara bermain. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kebebasan ini, diantaranya membuat mereka lebih bahagia.

Lebih lanjut lagi, Nadya menjelaskan jika bahagia merupakan salah satu hal wajib yang harus dimiliki Si Kecil. Dengan jadi anak bahagia, mereka akan merasa lebih percaya diri dan bebas bereksplorasi. Bahkan banyak penelitian yang membuktikan jika anak yang bahagia, cenderung lebih cerdas di sekolahnya.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan The Lancet Child & Adolescent Health, menyebut jika bermain di luar rumah, akan membuat Si Kecil lebih mudah menjauhi gadget. Kemampuan menjauhi/lepas dari gadget pada anak merupakan hal yang sangat penting. Anak yang jarang bermain gadget, cenderung lebih cerdas dan punya waktu tidur yang cukup.

Prev Post

Anak Bertingkah Lebih

Next Post

Jika Alami Hal-hal Berikut ini, Sebaiknya Langsung Cari Pekerjaan Baru!

SHARE TO