Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Cara Ini Bisa Bantu Smart Mom Terapkan Disiplin Tanpa Kekerasan

Posted on 1 December 2017, 05:46 AM
Cara Ini Bisa Bantu Smart Mom Terapkan Disiplin Tanpa Kekerasan

Menurut Annelia Sari Sari, MPsi, psikolog dari Tiga Generasi, kedisiplinan bisa diajarkan pada anak sejak usia dini, bahkan sudah bisa dilakukan sejak lahir. Contohnya, Smart Mom bisa mendisiplinkan mereka tentang jam tidur, jam mandi dan jam makan.

Saat Smart Mom sudah membiasakan mereka dengan kedisiplinan sejak dini, saat besar nanti mereka akan lebih mudah terkontrol dan tahu kapan waktu harus makan, mandi dan lainnya. Bahkan mereka sudah bisa disiplin sendiri, tanpa harus disuruh, atau bahkan dibentak-bentak.

Konsisten Jadi Kunci

Dalam menerapkan disiplin, kunci utama yang harus Smart Mom lakukan adalah konsisten. Menurut Sal Severe, penulis buku 'How to Behave So Your Child Will Too', konsisten menerapkan aturan sangat penting agar mereka tidak bingung dengan aturan yang sudah dibuat.

Selain itu, konsisten pun sangat penting dilakukan agar mereka tidak terpaksa (karena takut dimarahi atau takut hukuman) saat melakukan semua aturan yang sudah Smart Mom buat.

Misalnya, saat mereka sudah dibiasakan sarapan sebelum beraktivitas, mandi setelah bangun tidur, atau jam 8 malam harus pergi ke kamar mandi untuk gosok gigi lalu tidur, saat dewasa nanti mereka akan terbiasa dan tanpa disuruh pun akan melakukan kebiasaan tersebut.

Selain dengan konsisten, dilansir dalam Baby Center, ada beberapa hal lainnya yang harus Smart Mom perhatikan untuk membantu Si Kecil menjadi disiplin tanpa harus menggunakan kekerasan, diantaranya :

1. Tetapkan prioritas, terutama dari hal-hal yang berhubungan dengan keseharian mereka. Hal ini bisa dimulai dari jam tidur dan jam bangun, waktu mandi dan jam bermain.

2. Bantu Si Kecil untuk terus mengingat semua tugasnya dengan menulis memo tugas harian. Memo ini nantinya bisa ditempelkan di tempat-tempat yang mudah terlihat oleh Si Kecil.

3. Bersabar dan tetap gunakan prinsip 3C yaitu Calm (tenang), Consistency (konsistensi), dan Caring (perhatian), terutama saat Si Kecil mulai lupa dengan jadwal hariannya.

4. Bersiap saat Si Kecil melakukan perlawanan dengan cara memeluknya saat dia mencoba untuk membantah dan terangkan jika semua ini demi kebaikannya.

Selain cara-cara diatas, penting untuk Smart Mom agar memberikan contoh yang baik tentang kesiplinan. Menurut psikolog anak, Novita Tandry, orangtua merupakan role model bagi anak-anaknya, dan ini berlaku untuk masalah sikap dan kedisiplinan.

So, beri contoh bagaimana cara menjalani hari dengan penuh kedisiplinan, dari mulai jam tidur, jam bangun, pergi ke kantor/sekolah, jam mandi dan lainnya. Setelah itu, ajak Si Kecil untuk melakukannya bersama-sama. Dengan adanya contoh, disiplin pun bisa diterapkan sejak dini, tanpa harus menggunakan kekerasan!

Prev Post

Hati-hati, Hal Berbahaya Ini Bisa Dipelajari Si Kecil dari Internet!

Next Post

Catat Smart Mom! Ini Cara Sederhana Hapus Perilaku Buruk Anak

SHARE TO