Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Cara Mengajarkan Si Kecil Berpuasa Sejak Dini

Posted on 22 April 2020, 11:34 AM
Cara Mengajarkan Si Kecil Berpuasa Sejak Dini

Walaupun Si Kecil belum diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan, tidak ada salahnya untuk mengajarkannya menjalankan puasa sejak dini agar ia jadi lebih siap saat sudah diwajibkan menjalani ibadah puasa kelak.

Sebelum mengajari Si Kecil berpuasa, ada baiknya jika Smart Mom memberi pengertian terlebih dahulu apa itu puasa dan mengapa umat muslim wajib melaksanakannya di bulan Ramadan.  Setelah memahami, anak-anak biasanya akan lebih mudah untuk mengikuti ibadah puasa.

Berikut ini merupakan cara mengajar Si Kecil puasa sejak dini.

1. Beri contoh

Mengajarkan Si Kecil untuk ikut berpuasa bisa dimulai dengan memberikan contoh.  Contohnya tentu saja dari orang tuanya. Smart Mom pasti sudah banyak yang tahu bahwa, anak-anak bisa dengan mudah meniru perilaku seseorang di sekitarnya. Jika orang di sekitarnya berpuasa, Si Kecil biasanya akan penasaran dan akhirnya ingin mencobanya sendiri.

2. Jangan memaksa untuk puasa penuh

Karena memang belum diwajibkan berpuasa, memberikan kelonggaran berpuasa untuk Si Kecil bisa kita lakukan. Si Kecil bisa mulai dari puasa beberapa jam dalam satu hari kemudian tingkatkan lagi jika ia sudah berhasil melewatinya.

Perlu Smart Mom ingat bahwa memaksa Si Kecil untuk puasa penuh atau puasa setiap hari bisa menimbulkan risiko kesehatan pada Si Kecil karena ia masih dalam masa pertumbuhan dan masih membutuhkan banyak nutrisi.

3. Beri Si Kecil apresiasi

Memberikannya apresiasi karena sudah mau mencoba berpuasa di bulan Ramadhan bisa menambah semangat Si Kecil untuk terus ikut menjalankan ibadah puasa.  Smart mom tidak harus memberi hadiah. Cukup dengan memujinya dan mengatakan bahwa ia adalah anak yang hebat.

Bentuk apresiasi juga bisa dengan menyediakan makanan kesukaannya saat waktunya berbuka. Dengan memberinya apresiasi, Si Kecil akan merasa lebih semangat dan senang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Prev Post

Merendam Pakaian, Berapa Lama Waktu Idealnya?

Next Post

Coba Bikin Dalgona Coffee yang Sedang Hits Yuk, Smart Mom!

SHARE TO