Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Cara Mengajarkan Si Kecil Cinta Lingkungan Sejak Dini

Posted on 4 June 2020, 01:12 PM
Cara Mengajarkan Si Kecil Cinta Lingkungan Sejak Dini

Salah satu cara untuk mendukung pelestarian lingkungan adalah dengan menanamkan sikap cinta lingkungan kepada Si Kecil sejak dini. Kenapa? Karena jika sejak kecil mereka sudah diajari hal atau nilai yang baik, saat nanti tumbuh dewasa nilai tersebut akan tetap tertanam dan terus mereka lakukan.

Ada beberapa cara yang bisa Smart Mom lakukan agar Si Kecil terbiasa memiliki rasa cinta terhadap lingkungan sejak dini dan berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Ajak Si Kecil Berkebun

Sebelum mulai berkebun, beri penjelasan singkat pada Si Kecil tentang pentingnya memiliki tanaman di lingkungan sekitar rumah. Tidak hanya berfungsi sebagai hiasan di taman, tanaman juga bisa membuat lingkungan di sekitar menjadi asri dan teduh. Jelaskan juga pada Si Kecil apa akibatnya kalau kita tidak menanam tanaman di sekitar rumah.

Setelah Si Kecil mengerti pentingnya menanam tanaman, ajak ia untuk menanam tanaman yang ia sukai. Jangan lupa, ajak juga Si Kecil untuk merawat dan menyiram tanaman yang sudah mereka tanam setiap hari. Tidak hanya bisa menanamkan sikap cinta lingkungan, kita juga bisa mengajari Si Kecil sikap bertanggung jawab terhadap tanaman yang ditanamnya sendiri.

2. Biasakan Si Kecil Membuang Sampah Ditempatnya

Ajarkan sejak dini kepada Si Kecil tentang akibat-akibat buruk jika mereka tetap membuang sampah di sembarang tempat. Tidak hanya harus dibiasakan di rumah, saat keluar rumah pun Si Kecil harus membuang sampah di tempatnya.

Jika tempat yang didatangi tidak memiliki tong sampah, biasakan Si Kecil untuk membuang sampah mereka di kantong plastik dan membawa sampah tersebut sampai menemukan tempat sampah.

Tampak sepele memang, tapi membiarkan Si Kecil membuang sampah sembarangan bisa menumbuhkan sikap tidak peduli terhadap lingkungan. Akibatnya, kebiasaan tersebut bisa terbawa sampai dewasa dan memberi dampak buruk pada lingkungan.

3. Ajarkan Si Kecil untuk Hemat Energi

Mengajarkan Si Kecil untuk hemat energi juga bisa menjadi salah satu cara menanamkan untuk cinta lingkungan sejak dini. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana bahwa energi yang kita gunakan sehari-hari itu berasal dari alam dan jika energi tersebut tidak dipakai dengan bijak bisa berdampak buruk pada lingkungan.

Untuk mempraktekkan perilaku hemat energi, Smart Mom bisa mulai membiasakan Si Keci untuk melakukan hal-hal yang sederhana, seperti selalu mematikan lampu jika tidak diperlukan, menutup keran air dengan sempurna setelah dipakai, dan tidak membiarkan TV tetap menyala jika memang tidak ditonton.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Prev Post

Cara Mudah Melatih Si Kecil untuk Tidur Sendiri

Next Post

Tips Membersihkan Alat Dapur Sesuai Bahannya

SHARE TO