Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Ini 3 Kesalahan Orangtua saat Berkomunikasi dengan Anak

Posted on 22 August 2019, 11:23 AM
Ini 3 Kesalahan Orangtua saat Berkomunikasi dengan Anak

Menjalin komunikasi dengan anak nyatanya bukan perkara mudah. Smart Mom pasti sesekali gemas karena si Kecil tak dapat menangkap pesan yang disampaikan dalam sebuah pembicaraan. Akibatnya, kesalahpahaman muncul dan membuat hubungan Smart Mom dengan si Kecil kurang bagus.

Praktisi Pendidikan Keluarga dan founder Sekolah Cikal Najelaa Shihab mengatakan orangtua sering kali mengalihkan pembicaraan saat anak mencurahkan perasaannya. Padahal momen tersebut penting untuk Smart Mom maupun si Kecil dalam memperkenalkan simpati dan empati. Najeela juga mengatakan ada tiga kesalahan yang kerap dilakukan orangtua saat berkomunikasi dengan si Kecil, antara lain:

Terlalu sering menasihati

Memberikan nasihat pada si Kecil memang harus Smart Mom lakukan, tetapi jangan terlalu sering. Nalar anak yang belum sebaik orang dewasa menyulitkan mereka mencerna ucapan

orangtua. Alih-alih patuh, si Kecil malah kebingungan. Najeela mengungkapkan pilihan kata yang dilontarkan orangtua kadang memblokir komunikasi, sehingga anak memilih menutup telinga mereka dan mengabaikan percakapan. Jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda tersebut, evaluasi lagi cara Smart Mom menasihatinya, ya.

Tidak berkaca pada diri sendiri

Bersikap superior di hadapan anak, seperti menasihati, harus pilih-pilih momen. Jika salah, si Kecil malah akan menganggap Smart Mom sebagai sosok menakutkan yang suka memerintah. Ketika menasihati atau memberikan saran, posisikan diri Smart Mom sejajar dengan si Kecil. Lakukan refleksi pengalaman dengan menceritakan kisah-kisah masa kecil yang sedang dialami anak. Selain membuat di Kecil merasa didengar, langkah ini akan meningkatkan kualitas ikatan emosional dengannya.

Lupa mengutarakan perasaan

Kesalahan lain yang sering orangtua lakukan saat membina komunikasi yang baik dengan anak adalah tak mengutarakan perasaan. Misalnya, menuduh si Kecil dengan ungkapan pemalas atau lambat alih-alih menyampaikan isi pikiran Smart Mom. Comtohnya saat si Kecil pulang tak tepat waktu, katakan kalau Smart Mom cemas selama menunggunya. Hal tersebut akan membuat anak berpikir berulang kali dan akan menghubungi Smart Mom apabila dia telat pulang.

Itulah beberapa kesalahan orangtua saat berkomunikasi dengan Si Kecil. Ingat, jangan dilakukan ya, Smart Mom!

Prev Post

Trik Membuat Si Kecil Tenang Saat Naik Pesawat Terbang

Next Post

Bola-bola Kentang Renyah, Bekal Sekolah Si Kecil yang Lezat

SHARE TO