Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Ini Alasan Metode STEM Sangat Penting untuk Perkembangan Anak Usia Dini

Posted on 5 June 2018, 08:38 AM
Ini Alasan Metode STEM Sangat Penting untuk Perkembangan Anak Usia Dini

Zaman sekarang, anak-anak sudah sangat hafal dengan gadget. Bahkan terkadang, banyak orangtua yang sudah membekali anak-anak mereka dengan gadget. Alasannya, agar komunikasi dan pengawasan anak-anak berjalan lebih mudah. Benarkah demikian?

Ternyata tidak. Justru menurut Dr Deborah Weber PhD, director Early Childhood Department Research dari Fisher-Price, Amerika, menyarankan agar Smart Mom menerapkan batasan dan waktu khusus untuk menggunakan gadget atau perangkat teknologi lainnya.

Alasannya, agar anak bisa belajar banyak hal yang mereka butuhkan, dari mulai bersosialisasi, hingga mengembangkan minat dan bakatnya.

Selain itu, Dr Deborah menyarankan agar Smart Mom mengenalkan metode STEM, atau Science, Technology, Engineering and Mathematics, sebagai ganti dari gadget. Menurutnya, STEM dan gadget sama-sama menyenangkan, tapi STEM punya manfaat yang lebih besar.

Lebih lanjut lagi, Dr Deborah menegaskan jika metode STEM sangat penting untuk menunjang perkembangan anak usia dini. Pasalnya, metode ini menekankan pada pembelajaran aktif, dan menuntut mereka untuk memecahkan masalah sendiri.

Manfaat lainnya, dengan menerapkan metode STEM, Dr Deborah meyakini jika anak akan mampu fokus mencari solusi, ampuh untuk membangun cara berpikir logis, sistematis dan mampu mempertajam kemampuan berpikir secara kritis.

Semua karakter ini sangat dibutuhkan untuk membangun karakter yang kompetitif secara global, sekaligus mempersiapkan mereka untuk meraih kesempatan karir di bidang teknis dan kreatif yang lebih luas.

Bagaimana cara mengembangkan kemampuan STEM pada anak-anak?

Mengenai hal ini, menurut Kym Simoncini, asisten profesor di Early Childhood and Primary Education, University of Canberra, Australia, menerapkan metode STEM sebenarnya bisa dimulai sejak dini, salah satunya dengan mengajak anak memperhatikan sesuatu dan ambil kesimpulannya.

Misal, ajak anak untuk memperlihatkan bagaimana cara membuat gelembung sabun. Setelah itu, perhatikan juga sifat dari gelembung sabun tersebut, dan apa yang membuat gelembung sabun pecah. Terkahir, biarkan anak membuat kesimpulannya sendiri dari apa yang dia perhatikan.

Dari sini, Smart Mom sudah bisa melihat bagaimana kreatifitas dan kemampuan analisa anak. Selain itu, ajak mereka untuk melatih mencari solusi.

Dalam tahap lanjut, Smart Mom bisa mencari sekolah yang mengajarkan metode STEM pada anak-anak, dan dorong mereka untuk kembali mempraktekkannya di rumah. Selamat mencoba!

Prev Post

Minum Air Kelapa Selama Hamil Bikin Anak Bersih Saat Lahir, Benarkah?

Next Post

Benarkah Wanita yang Sedang Hamil Cenderung Jadi Pelupa?

SHARE TO