Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Ini Cara Persiapkan Kakak Menyambut Adik Barunya

Posted on 30 May 2018, 03:05 AM
Ini Cara Persiapkan Kakak Menyambut Adik Barunya

Saat Smart Mom hamil anak kedua atau ketiga dan seterusnya, hal yang pertama dilakukan adalah, mempersiapkan kelahiran semaksimal mungkin. Tapi jangan lupa, Smart Mom pun wajib mempersiapakn Si Kecil untuk menjadi kakak.

Dilansir dalam The Huffington Post, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat Smart Mom mempersiapkan Si Kecil untuk menyambut kelahiran adik baru.

Lakukan Rutinitas Seperti Biasa

Jangan diangap terlalu istimewa, lakukan saja rutinitas seperti biasa. Misalnya, Smart Mom bisa mengantar Si Kecil ke sekolah, atau bermain dengannya setelah sekolah.

Jika biasanya Smart Mom membacakan dongeng sebelum tidur, maka bacakanlah, termasuk rutinitas lainnya, seperti makan bersama dan lainnya. Jangan sampai kondisi kehamilan Smart Mom membuat anak merasa kehilangan, atau malah membuat si kakak merasa tersisihkan.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Istilah Kakak

Memberitahu anak jika dirinya akan menjadi seorang kakak merupakan hal yang wajib Smart Mom lakukan, tapi jangan terlalu sering, apalagi sampai memaksanya untuk lebih mandiri.

Yang dikhawatirkan, terlalu sering menggunakan istilah kakak, apalagi dijadikan alasan untuk membuatnya diam atau menjadi lebih mandiri, akan membuat Si Kecil merasa cemburu.

Belajar Disiplin Agar Tidak Menjadi Pilih Kasih

Harusnya kehadiran adik baru bukanlah alasan untuk membuat si sulung lebih mandiri. Bagaimanapun juga, kemandirian harus dilatih sejak dini, dan tidak berhubungan dengan kelahiran adik baru.

Jika sudah terlanjur, cobalah untuk lebih disiplin mengajarkan kemandirian. Tapi ingat, jangan jadikan alasan akan jadi kakak, tapi tegaskan ini untuk kebaikannya. Selain itu, sebaiknya kendalikan diri untuk tidak memberikannya hukuman, atau menasihatinya dengan nada tinggi.

Cinta Itu Tidak Terbatas

Tegaskan kepada Si Kecil jika cinta dan kasih sayang Smart Mom tidak akan berkurang walaupun ada kehadiran adik baru. Jelaskan jika cinta dan kasih sayang itu inklusif, saling merangkul dan tidak ada batasan sedikitpun, meskipun dia kini akan punya adik baru.

Selain itu, terangkan juga jika dengan adanya adik baru, Si Kecil akan belajar banyak hal baru, termasuk belajar mencintai dan menyayangi sang adik.

Prev Post

Begini Caranya Mengajarkan Toleransi pada Anak

Next Post

Resep Sarapan Super Mudah, Cinnamon Toast

SHARE TO