Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Ini yang Harus Dilakukan Smart Mom Saat Harus Menolak Permintaan Si Kecil

Posted on 1 January 2018, 05:49 AM
Ini yang Harus Dilakukan Smart Mom Saat Harus Menolak Permintaan Si Kecil

Dalam beberapa kesempatan, terkadang kita tidak bisa mengabulkan keinginan Si Kecil, baik karena faktor Si Kecil yang belum benar-benar membutuhkannya atau karena faktor ekonomi.

Tetapi, menolak keinginan Si Kecil bukanlah perkara yang mudah. Selain bisa menimbulkan persepsi buruk, seperti orangtua yang tidak sayang atau hal lainnya, terkadang beberapa anak pun akan bereaksi dengan tantrum atau melakukan tindakan tidak terpuji lainnya sebagai bentuk protes.

Terus, Bagaimana Cara Terbaik Menolak Keinginan Si Kecil?

Menurut Psikolog Anak dan Remaja, Fathya Aretha Utami, cara pertama yang bisa ditempuh adalah dengan memberikan pilihan alternatif untuk Si Kecil ambil. Misalnya, saat Si Kecil ingin mobil-mobilan padahal di rumah sudah banyak mainan serupa, Smart Mom bisa menawarkan lego.

Setelah itu, jelaskan apa kelebihan dari mainan tersebut. Misalnya Lego bisa dibentuk jadi mainan apa saja yang dia inginkan, bukan hanya mobil-mobilan, tapi juga bisa dibentuk menjadi kapal-kapalan, membangun rumah-rumahan dan lainnya.

Jangan lupa jelaskan juga kenapa mobil-mobilan yang diinginkannya tidak boleh diambil, misalnya mobil-mobilan sejenis sudah ada di rumah, atau karena alasan lainnya. Berikan penjelasan yang sederhana agar Si Kecil mudah memahaminya, dan sampaikan dengan lemah lembut.

Cara yang kedua, Smart Mom bisa mengabulkan permintaan Si Kecil dengan syarat. Misalnya, boleh membeli mobil-mobilan yang diinginkannya, dengan syarat dia harus membagikan atau menyumbangkan dulu mainan lamanya yang masih layak pakai.

Dengan cara ini, Si Kecil akan diajarkan tentang konsep berbagi dan membentuk empati. Jelaskan juga bagaimana kondisi anak-anak tersebut yang membuat Si Kecil harus menyumbangkan mainannya.

Smart Mom pun bisa mengabulkan permintaan Si Kecil, dengan syarat menabung dulu. Konsepnya, sisihkan sebagian dari uang jajan Si Kecil untuk membeli mainan yang dia inginkan. Setelah terkumpul, ajak Si Kecil untuk membeli mainan yang diinginkannya.

Selain mengajarkan konsep menabung, cara ini pun efektif untuk mengajarkan mereka tentang konsep uang, keinginan dan usaha untuk mendapatkannya. Jangan lupa, berikan pujian dan pelukan tanda sayang saat Si Kecil mau bekerjasama dengan Smart Mom. Selamat mencoba!

Prev Post

Smart Mom, Cara Ini Bisa Bantu Si Kecil Jalin Pertemanan Sehat

Next Post

Smart Mom, Apakah Si Kecil Boleh Dibebaskan Main Gadget Saat Dia Sakit?

SHARE TO