Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Jangan Dicuekin, Ini Trik Menghadapi Anak yang Suka Mengulang Pertanyaan

Posted on 15 August 2018, 06:05 AM
Jangan Dicuekin, Ini Trik Menghadapi Anak yang Suka Mengulang Pertanyaan

Rasa ingin tahu anak kerap bikin orangtua kebingungan saat akan menjelaskannya. Bukan karena pertanyaannya yang sulit dijawab, tapi karena bingung bagaimana memberikan penjelasan yang mudah diterima dan masuk akal bagi mereka.

Selain itu, mereka pun kerap melontarkan pertanyaan yang sama secara berulang. Memberikan penjelasan yang sama tentu bukan ide bagus, pasalnya mereka yang kurang puas dengan jawaban Smart Mom, akan terus mengulang pertanyaan tersebut hingga jawaban yang diinginkan Smart Mom ucapkan.

Misalnya, saat mereka bertanya harus pakai celana panjang atau celana pendek. Menjawab dengan hanya celana panjang atau celana pendek tentu tidak akan memuaskan mereka. Setelah itu, mungkin mereka akan bertanya lagi kenapa ini, kenapa itu, dan lainnya.

Terus bagaimana cara menjawabnya?

Menurut Hal Gregerson, INSEAD professor dan pakar pertanyaan, cara paling bijak menanggapi pertanyaan mereka adalah, jangan asal menjawab. Artinya, Smart Mom harus memberikan jawaban yang menurut mereka mudah dimengerti dan masuk akal.

Misal terkait celana. Smart Mom bisa menawab, pilih celana panjang dengan alasan, saat ini Si Kecil akan pergi ke luar rumah dan harus mengenakan pakaian hangat. Jika menggunakan celana pendek, udara dingin bisa membuatnya tidak nyaman.

Dengan menjelaskan teknik plus dan minus, anak akan menyimpannnya dalam memori dan tahu jika celana panjang untuk musim dingin, dan celana pendek untuk musim panas.

Jika mereka memaksa ingin menggunakan celana pendek, sebaiknya izinkan mereka agar tahu akibat dari menggunakan celana pendek di udara dingin. Tapi ingat, Smart Mom harus menyediakan celana panjang untuk jaga-jaga jika Si Kecil sudah mulai merasa tidak nyaman dengan udara dingin.

Menurut Gregerson, teknik ini terkadang dibutuhkan agar mereka bisa merasakan sendiri akibat dari pilihannya. Tapi ingat, pastikan trik ini hanya digunakan untuk hal-hal yang risikonya rendah. Selamat mencoba!

Prev Post

Anak Cerewet Mentalnya Bagus, Benarkah?

Next Post

Kesulitan Berkomunikasi dengan Kids Zaman Now? Pakai Trik Ini!

SHARE TO