Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Mau Si Kecil Nyaman di Hari Pertama Masuk Sekolah? Ikuti Tips Ini Yuk!

Posted on 18 July 2019, 10:41 AM
Mau Si Kecil Nyaman di Hari Pertama Masuk Sekolah? Ikuti Tips Ini Yuk!

Bagi Si Kecil yang baru pertama kali masuk sekolah, tempat tersebut seperti tempat asing yang mungkin menyeramkan. Tidak heran jika Si Kecil tidak mau berangkat sekolah atau malah merengek. Tentu saja Smart Mom tidak boleh menyerah begitu saja. Cobalah tips berikut ini agar Si Kecil merasa nyaman di hari pertama masuk sekolah.  

Memberikan Penjelasan 

Walaupun belum terlalu paham, namun Smart Mom harus tetap memberikan penjelasan kepada Si Kecil. Berikan penjelasan mengenai sekolah seperti apa yang akan dilakukan, kenapa harus sekolah, siapa saja yang akan Si Kecil temui, dan lain sebagainya. Gunakan bahasa atau kalimat yang singkat dan mudah untuk dipahami oleh Si Kecil. Biarkan Si Kecil bertanya atau memberikan pendapat setelah mendapatkan penjelasan.

Setidaknya dengan memberikan penjelasan, Si Kecil tidak akan terlalu takut untuk pergi ke sekolah dan justru penasaran untuk mencobanya. 

Tunjukkan Hal Baik Saat Berada di Sekolah 

Perilaku saat mendampingi Si Kecil ke sekolah untuk pertama kalinya sangatlah penting. Karena itu, Smart Mom harus menunjukkan hal baik kepada Si Kecil. Lakukan hal-hal sederhana seperti menyapa para guru dan orang tua murid lainnya. Ajaklah Si Kecil untuk melakukan hal yang sama seperti bersalaman, tersenyum, atau menyapa guru dan teman barunya.

Walaupun awalnya masih canggung,  lambat laun Si Kecil akan terbiasa dan akhirnya meniru hal baik tersebut. Si Kecil juga akan lebih percaya diri saat masuk sekolah di hari selanjutnya. 

Biarkan Si Kecil Bersosialisasi dan Bereksplorasi 

Smart Mom tidak perlu khawatir saat Si Kecil sudah mulai mengeksplorasi lingkungan sekolah atau bersosialisasi dengan teman barunya. Justru ini adalah pertanda yang baik karena Si Kecil sudah mulai bisa menerima lingkungan baru. Si Kecil hanya ingin tahu seperti apa lingkungan sekolah serta mengenal teman-teman baru. Smart Mom hanya perlu mengawasi dan pastikan terlihat oleh Si Kecil sehingga ia pun tetap merasa aman dan nyaman saat mengeksplorasi.

Dengan tips sederhana ini, Si Kecil akan jauh lebih percaya diri dan tidak merasa takut lagi di hari selanjutnya. Nah, ternyata mengajak Si Kecil masuk sekolah di hari pertama tidak terlalu sulit, bukan? Smart Mom hanya perlu memahami apa yang dirasakan oleh Si Kecil saat pertama kali mengunjungi tempat asing. Dengan cara yang tepat, Si Kecil akan sangat mudah diajak untuk sekolah bahkan antusias untuk berangkat dan belajar di sekolah tiap harinya.

Prev Post

Uang Saku yang Ideal untuk Si Kecil yang Sudah Sekolah

Next Post

Tips Sederhana Menjalin Hubungan Baik Dengan Tetangga

SHARE TO