Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Membuat Si Kecil Disiplin Butuh Proses, Ini Tipsnya

Posted on 31 December 2019, 04:59 PM
Membuat Si Kecil Disiplin Butuh Proses, Ini Tipsnya

Mengajarkan si Kecil pada kedisiplinan sejak dini tak semudah kedengarannya, ya, Smart Mom. Apalagi si Kecil masih di usia senang main dan enggan diatur-atur. Akan tetapi, kalau Smart Mom membiarkannya terlalu lama main tanpa mengenal disiplin, maka si Kecil bakal kesulitan patuh saat sudah dewasa.

Dalam hal ini, Smart Mom perlu mengenalkan OTMP (Organization, Time Management, Planning) yang bakal melatih kedisiplinannya. Menurut expert partner Sahabat Ibu Pintar, Orissa Anggita Rinjani M.Psi., Psi, berikut sejumlah tip yang bisa Smart Mom terapkan.

  • Rancang jadwal kegiatan bersama

Pastikan Smart Mom tak merancang jadwal sendirian supaya si Kecil tak merasa terpaksa. Ajak si Kecil menentukan waktu belajar, bermain, dan kegiatan lain yang dilakukan sehari-hari. Biasanya, jadwal yang dibuat atas kesadaran sendiri membuat si Kecil lebih patuh. Kemudian, pasang jadwal tersebut di tempat yang bisa Smart Mom maupun si Kecil lihat bersama, sehingga tak ada pihak yang lupa dan bisa saling mengingatkan.

  • Tambah konsekuensi bila diperlukan

Supaya efek disiplin bertahan dalam jangka waktu panjang, tambahkan konsekuensi atau sanksi yang diberlakukan saat si Kecil melakukan pelanggaran. Langkah ini dapat diterapkan juga dalam situasi lain. Sebagai contoh, kalau si Kecil salah mengenakan seragam atau lupa membawa pekerjaan rumah, Smart Mom jangan serta-merta menyelamatkannya. Biarkan si Kecil menerima sanksi, jadi di kesempatan berikutnya dia akan lebih berhati-hati.

  • Menghargai setiap usaha si Kecil

Agar seimbang, Smart Mom jangan lupa juga memberikan apresiasi saat si Kecil mematuhi jadwal atau menunjukkan perubahan ke arah yang lebih positif. Bentuknya tak perlu yang berlebihan. Smart Mom bisa memulainya dari pujian tulus hingga memasakkan hidangan kesukaannya. Namun, Smart Mom perlu ingat bahwa sistem ini hanya berlaku sementara supaya si Kecil sadar bila kedisiplinan merupakan kebiasaan baik yang tak membutuhkan reward.

  • Ajari cara memecahkan masalah

Sistem hadiah dan sanksi belum berhasil membentuk kedisiplinan pada kepribadian si Kecil? Smart Mom bisa ganti strategi dengan mengajarkan cara memecahkan masalah. Tanyakan kendala yang membuat si Kecil kesulitan mengikuti jadwal, lalu bantu dia menemukan solusi terbaik. Sebagai contoh, saat si Kecil tak bisa pergi sekolah tepat waktu gara-gara persiapan terlalu lama, Smart Mom dapat memintanya menyiapkan buku dan pakaian di malam hari.

  • Perlihatkan contoh pada si Kecil

Smart Mom pasti sering mendengar kalau orang tua merupakan contoh terbaik anak-anaknya. Jika Smart Mom lebih memilih menyaksikan sinetron di televisi ketimbang membersihkan tumpukan cucian, secara tak langsung Smart Mom memberikan contoh skala prioritas yang salah. Dengan memperlihatkan kebiasaan baik, si Kecil pun akan mengikuti Smart Mom walau dia belum memahami konsep disiplin.

Prev Post

Kedekatan Orang Tua dan Si Kecil Pengaruhi Karakternya di Masa Depan

Next Post

Jangan Larang Si Kecil Jajan! Lakukan Ini Supaya Ia Mau Makan Sehat

SHARE TO