Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Anak Jaman Now

Posted on 4 January 2019, 03:08 AM
Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Anak Jaman Now

Pendidikan tidak hanya tentang nilai akademis dan prestasi saja, lebih dari itu, Smart Mom harus menyadari betapa pentingnya memberikan pendidikan karakter sejak dini. Apalagi di zaman sekarang, anak seolah dibesarkan oleh teknologi dan internet, serta diasuh oleh media sosial.

Tanpa pendidikan karakter, akan sulit bagi mereka untuk membendung berbagai dampak negatif internet, seerti bullying, pornografi, seks bebas dan berbagai dampak buruk internet lainnya.

Menurut pakar pendidikan, Prof Arief Rachman, anak-anak di zaman sekarang harus terus dibina dan diberikan pendidikan karakter agar mereka mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang bermanfaat dan mana tidak dibutuhkan.

Lantas, bagaimana cara menanamkan pendidikan karakter?

Menurut Paul Tough, penulis buku How Children Succeed: Grit, Curiosity and The Hidden Power or Character, pendidikan karakter harus dilakukan sejak dini, dan terus ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter pertama yang harus diterima Si Kecil tentu saja dari Smart Mom.

Contoh sederhana, Smart Mom bisa membiasakan Si Kecil untuk mengetuk pintu dan mengucapkan salam sebelum masuk ke rumah, saat bertamu tidak duduk sebelum dipersilahkan, dan lainnya.

Saat di tengah masyarakat, ajarkan anak untuk membalas sapaan tetangga, atau menyapa tetangga terlebih dahulu, tersenyum kepada mereka, dan tidak berkata kasar. Ajarkan juga agar anak tidak membuang sampah sembarangan, dan hal-hal kecil lainnya.

Menurut Paul, tentu saja selain harus diberikan berupa instruksi, Smart Mom pun harus memberikan contoh bagaimana cara berperilaku yang baik. Dengan cara ini, mereka akan melihat dan meniru apa yang Smart Mom lakukan.

Prev Post

Tips Agar Si Kecil Lebih Terbuka pada Orangtua

Next Post

Tips Menyiapkan Dana Renovasi Rumah

SHARE TO