Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Punya Bayi, Tapi Tetap Hemat? Ini Caranya!

Posted on 9 April 2019, 07:40 AM
Punya Bayi, Tapi Tetap Hemat? Ini Caranya!

Selama masa kehamilan, banyak biaya yang harus Smart Mom sisihkan, dari mulai mencukupi kebutuhan gizi hingga kontrol rutin ke dokter. Biaya ini makin membengkak saat mendekati proses persalinan, dari mulai belanja perlengkapan bayi, hingga menyiapkan biaya persalinan.

Setelah Si Kecil lahir, tentu Smart Mom harus mengencangkan ikat pinggang agar keungan keluarga tidak morat marit. Tapi bagaimana caranya? Tenang, lakukan saja trik berikut ini.

Berikan ASI Eksklusif

Ketimbang memberikan susu formula, Smart Mom sangat dianjurkan untuk memberikan ASI. Selain gratis, ASI pun merupakan makanan terbaik yang bisa diberikan kepada Si Kecil.

Yang paling penting, dengan memberikan ASI eksklusif, itu berarti Smart Mom sudah memenuhi sebagian dari hak Si Kecil. Jangan khawatir jika Smart Mom bekerja, berikan saja ASI perah yang ditampung dalam botol atau kemasan khusus penyimpanan ASI.

Gunakan Perlengkapan Bekas

Bukan berarti Smart Mom tidak mengistimewakan Si Kecil, tapi faktanya perlengkapan bayi tidak akan digunakan lama. Misalnya box bayi, Si Kecil akan bertumbuh dan tidak lagi memerlukan box bayi.

Smart Mom bisa memanfaatkan perlengkapan bekassi kakak, atau bekas anak saudara. Sebelum digunakan, pastikan masih kuat dana man digunakan ya!

Co-sleeping Saja

Membiasakan Si Kecil tidur sendiri memang baik untuk mengajarkan kemandirian sejak dini. Tapi sayang, biaya untuk membuatkan kamar bagi Si Kecil cukup besar, dari mulai membuatkan ranjang khusus bayi, hingga perlengkapan kamar lainnya (mainan gantung, pencahayaan, dll).

Untuk menghemat pengeluaran, Smart Mom bisa melakukan teknik co-sleeping, yakni tidur bersama Si Kecil dalam satu tempat tidur. Setelah usia 2-3 tahun, baru deh mulai berpikir untuk memberikan kamar sendiri bagi Si Kecil.

Membuat MP-ASI Sendiri

Setelah berusia 6 bulan, Si Kecil sebaiknya diberi MP-ASI sebagai sarana latihan sebelum Si Kecil mengenal makanan padat. MP-ASI memang sudah banyak yang instant, tapi sangat disarankan untuk membuat MP-ASI sendiri dengan bahan-bahan rumahan.

Manfaatnya banyak lho! Selain lebih hemat, MP-ASI buatan sendiri pun jauh lebih aman dan sehat. Dengan catatan, Smart Mom menggunakan bahan-bahan yang segar dan bernutrisi, seperti daging, sayuran hijau, beras merah dan lainnya. Bagaimana Smart Mom, mudah bukan?

Prev Post

Cara Hemat Menikmati Akhir Pekan Bersama Keluarga

Next Post

Trik Pintar Mendisiplinkan Si Kecil Tanpa Perlu Marah-marah

SHARE TO