Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Si Kakak dan Adik Sering Bertengkar? Ini Solusinya

Posted on 3 December 2020, 08:31 AM
Si Kakak dan Adik Sering Bertengkar? Ini Solusinya

Pertengkaran kakak dan adik sebenarnya adalah hal yang wajar, terutama ketika usia mereka masih kanak-kanak. Namun, jika pertengkaran terjadi terus menerus sudah pasti mengganggu dan mungkin bisa membuat Smart Mom kewalahan. Lalu, bagaimana cara mengatasi pertengkaran adik kakak yang sering terjadi? Berikut adalah solusinya.

  1. Jangan terbawa emosi

Smart Mom disarankan untuk mampu berpikir dengan kepala dingin dalam menghadapi kakak dan adik yang sering bertengkar. Hindari menunjukkan emosi yang berlebih pada salah satu anak karena bisa membuat salah satu  anak jadi cemburu. Usahakan untuk selalu mengamati pertengkaran mereka secara objektif. 

  1. Hindari membela salah satu anak

Usahakan untuk bisa melihat dari kedua sisi dan hindari selalu membela sang adik hanya karena usianya lebih muda. Smart Mom bisa mencoba mendamaikan mereka dengan memberi  pengertian bahwa saudara itu harus saling menyayangi dan rukun. Smart Mom juga bisa mencoba menjelaskan kepada keduanya bahwa Smart Mom akan merasa sangat bahagia jika mereka rukun.

  1. Beri solusi di waktu yang tepat

Akan lebih baik jika Smart Mom mengetahui permasalahannya secara jelas sebelum memberikan solusi terbaik. Contohnya, jika masalahnya adalah karena ingin memainkan mainan yang sama, Smart Mom bisa menjelaskan kepada mereka untuk bergantian memainkan mainan tersebut dengan batas waktu yang sudah ditentukan oleh Smart Mom.

  1. Dorong mereka untuk bekerja sama

Ketika mereka sudah berhasil menyelesaikan permasalahannya, Smart Mom bisa mengajak mereka untuk bekerjasama. Contohnya setelah mereka bergantian main mainan yang sama-sama mereka suka, ajak mereka untuk bermain bersama dengan mainan lain yang mereka miliki. Smart Mom bisa memilihkan mainan yang butuh kerjasama seperti bermain permainan balok 

Setelah puas bermain, ajak juga mereka untuk bersama-sama merapikan semua mainan tersebut ke tempatnya. Dengan sering bekerja sama mengerjakan sesuatu, pertengkaran kecil antara si kakak dan adik pun bisa diminimalisir.

 

Semoga informasinya bermanfaat!

Prev Post

Perlukah Mengajarkan Investasi Sejak Dini pada Anak?

Next Post

Resep Klappertaart Lezat untuk Keluarga Tercinta

SHARE TO