Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Si Kecil Malas Ke Sekolah dan Pura-pura Sakit. Apa Yang Harus Dilakukan?

Posted on 6 February 2019, 03:00 AM
Si Kecil Malas Ke Sekolah dan Pura-pura Sakit. Apa Yang Harus Dilakukan?

Smart Mom, pernah mengalami keadaan saat anak berpura-pura sakit karena menghindari sesuatu yang dia tidak suka? Contohnya saja saat anak tidak ingin ke sekolah, kemudian dia akan mengaku tidak enak badan dan minta izin untuk tidak pergi sekolah.

Sebagai orangtua, Smart Mom tentu sudah tahu dong trik seperti ini? Nah agar tidak langsung tersulut emosi, berikut merupakan cara bijak menyikapi anak yang berbohong sakit karena ingin bolos sekolah.

Jangan Langsung Bongkar Kebohongannya

Sebagai orangtua tentu Smart Mom akan merasa gemas dengan tingkah Si Kecil yang mulai berbohong. Meskipun tahu, sebaiknya jangan langsung dibongkar. Lakukan pemeriksaan seperti biasa, tapi jangan didukung atau berkomentar secara berlebihan.

Ajak Periksa ke Dokter

Tanya dulu apakah Si Kecil bisa memaksakan diri pergi ke sekolah atau tidak. Jika tidak, ajak dia untuk memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, anak yang berpura-pura sakit akan menolak untuk pergi ke dokter. Alasannya banyak, dari mulai ingin istirahat, pusing dan lainnya.

Jangan menyerah, bujuk terus Si Kecil untuk pergi ke dokter. Kalau tidak mau ke dokter, beri dia pilihan untuk pergi ke sekolah (pergi ke dokter atau sekolah?).

Jangan Dijadikan Olok-olok

Jangan pernah menjadikan akting Si Kecil jadi bahan olok-olok. Berbohong merupakan hal yang buruk, dan tidak boleh dibiarkan. Tapi jangan langsung menuduh, atau bahkan menyudutkannya. Justru saat tersudutkan, Si Kecil malah akan semakin berani berbohong demi menutupi kebohongannya.

Cukup tahan diri untuk tidak berkomentar negatif terhadapnya. Jangan lupa, peluk Si Kecil agar dia merasa tenang dan mungkin akan timbul perasaan bersalah pada hatinya.

Berikan Nasihat Secara Tidak Langsung

Masih dalam masa pembujukan, cobalah untuk bercerita tentang bagaimana orang yang berbohong, sikap buruk membohongi orangtua dan lainnya. Puji Si Kecil karena dia merupakan anak yang jujur, dan katakan kalau Smart Mom percaya dia tidak akan berbohong demi bolos sekolah.

Dengan cara ini, sisi psikologis Si Kecil akan tertegur sekaligus belajar bagaimana Smart Mom memperlakukannya dengan sangat baik dan penuh kasih sayang.

Prev Post

Bahan Pakaian Mudah Luntur? Begini Trik Saat Mencucinya

Next Post

Trik Paling Mudah Membersihkan Tapak Setrika Agar Tidak Lengket

SHARE TO