Si Kecil Mengeluh Tentang Gurunya di Sekolah? Begini Cara Menanggapinya!

Posted on 7 August 2018, 10:45 AM
Si Kecil Mengeluh Tentang Gurunya di Sekolah? Begini Cara Menanggapinya!

Pulang sekolah, tiba-tiba Si Kecil menangis dan merengek tidak mau sekolah atau ingin pindah ke sekolah yang baru. Alasannya, di sekolahnya dia bertemu dengan guru yang galak, gurunya memberi pelajaran yang terlalu sulit, atau keluhan lainnya yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Dalam kondisi ini, tentu Smart Mom bingung. Jika meng-iya-kan apa yang diinginkan Si Kecil, mungkin nantinya dia akan jadi anak manja dan pengadu. Sementara jika dibiarkan, bisa jadi Si Kecil akan merasa tidak di perhatikan, hingga akhirnya dia tidak mau bercerita lagi kepada Smart Mom.

Lantas, apa yang harus dilakukan orang tua?

Dalam kondisi ini, Gail Bel, pakar parenting dan mantan guru dari Parenting Power, Amerika, menyarankan agar Smart Mom tetap tenang dan tanggapi semua keluhannya.

Misalnya, jika Si Kecil mengeluh gurunya galak, coba tanya apa saja yang dilakukan sang guru kepadanya. Kemudian perhatikan bagian tubuhnya, apakah ada tanda-tanda bekas kekerasan atau tidak. Jika tidak, coba dengarkan lagi alasannya kenapa menyebut sang guru galak.

Hal yang sama berlaku saat Si Kecil mengeluh tentang pelajaran guru tersebut yang dinilai sulit. Periksa pelajarannya, apakah benar sulit bagi standar mereka, ataukah pelajarannya sudah sesuai dengan apa yang harus diterima Si Kecil.

Dalam hal ini, Gail hanya menyarankan agar Smart Mom menanggapi dan mengecek keluhan Si Kecil dengan santai, tanpa terpengaruh dengan situasi emosional Si Kecil yang sedang kurang baik, dan pastikan tidak langsung menyalahkan salah satu pihak, baik Si Kecil ataupun gurunya di sekolah.

Jika menemukan hal-hal yang dianggap kurang beres, seperti bekas kekerasan atau pelajarannya tidak sesuai dengan usia Si Kecil, Smart Mom bisa langsung datang kepada pihak sekolah untuk meminta konfirmasi. Tapi ingat, emosi harus tetap dalam kondisi stabil.

Jika Harus Pindah Sekolah, Maka Pindahkan!

Setelah Smart Mom melakukan pengecekan dan meminta konfirmasi pihak sekolah, tapi yang didapat hanyalah kejanggalan atau metode mengajar mereka yang kurang sesuai. Tidak ada salahnya untuk memindahkan Si Kecil ke sekolah baru yang memiliki konsep belajar lebih baik.

Hal ini sesuai dengan anjuran Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., psikolog anak dan keluarga, yang menyarankan Smart Mom untuk mencari dulu sekolah yang tepat dengan metode pembelajaran terbaik sebelum benar-benar menyekolahkan Si Kecil di sana.

Menurut Anna, bagaimanapun juga anak tidak akan bisa belajar jika kondisi di dalam kelas tidak kondusif, seperti guru yang mengajar dengan penuh emosional, bullying dan lainnya.

Prev Post

Smart Mom, Yuk Ajarkan Keberagaman pada Anak Sejak Dini!

Next Post

Ubah Barang yang Tak Terpakai Jadi Uang dengan Garage Sale Yuk, Smart Mom!

SHARE TO