Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Si Kecil Sedih karena Kehilangan Sesuatu? Ini Tips Mengatasinya

Posted on 3 June 2020, 04:10 PM
Si Kecil Sedih karena Kehilangan Sesuatu? Ini Tips Mengatasinya

Apa yang biasanya Smart Mom lakukan saat Si Kecil sedih? Hanya mengatakan “Jangan sedih, Nak” atau hanya berusaha mengalihkan perhatian agar Si Kecil lupa dengan perasaannya? Menurut sebuah artikel di laman situs parenting.orami.co.id, meski dilakukan dengan niat baik agar bisa menenangkan Si Kecil yang sedang sedih, dua jurus andalan orang tua tersebut sebenarnya justru bisa memberikan pesan kalau rasa sedih itu harus ditekan dan diabaikan

Padahal sejatinya Si Kecil perlu mulai dibiasakan untuk mengenali dan mengelola emosi dengan tepat. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Smart Mom lakukan untuk menenangkan Si Kecil yang sedang sedih tanpa mengabaikan perasaan mereka.

1. Berikan minuman hangat

Menurut profesor psikologi dari Yale University, John Bargh, Ph.D., rasa hangat secara alami bisa memicu respon positif yang akan membuat Si Kecil merasa aman dan terlindungi seperti ketika berada dalam pelukan Smart Mom saat ia masih bayi.

Jadi ketika Si Kecil terlihat sedih atau murung, Smart Mom bisa memberikan segelas susu hangat atau minuman hangat lainnya untuk membuat perasaan Si Kecil menjadi lebih tenang dan nyaman.

2. Jadi Pendengar yang Baik

Tidak semua anak mampu mengungkapkan perasaannya dengan baik, namun Smart Mom selalu bisa menjadi pendengar yang baik. Jadi ketimbang mengabaikan perasaan Si Kecil, lebih baik Smart Mom mengatakan, “Kamu terlihat sedih. Mama selalu siap mendengarkan kalau kamu mau bercerita tentang apapun, Nak.”

Dengan begitu, Si Kecil akan tahu jika perasaan sedih yang ia rasakan itu normal. Ketika buah hati bercerita, cukup dengar tanpa menghakimi atau menyepelekan. Ucapkan terima kasih setelah Si Kecil selesai bercerita, kemudian tanyakan apakah ia butuh saran dari Smart Mom untuk membuat perasaannya menjadi lebih baik.''

3. Jelaskan perasaan sedih pasti akan berlalu

Ketika sedang merasa sedih, pasti akan sulit bagi Si Kecil untuk membayangkan keadaan akan menjadi lebih baik. Terlebih jika sampai muncul gejala psikosomatis seperti sakit perut, sakit kepala, atau demam. Smart Mom bisa menjelaskan jika setiap perasaan bahagia atau sedih pasti akan berlalu, mirip seperti musim yang terus berganti.

Yang paling penting adalah dia tidak terlarut dalam kesedihan terlalu lama. Setelahnya, tawarkan Si Kecil untuk melakukan sesuatu untuk menenangkan diri kapanpun ia mau. Contohnya, menonton film favoritnya, atau bermain dengan mainan favoritnya.

Semoga tips ini bermanfaat dan cara-cara di atas bisa menenangkan Si Kecil yang sedang sedih ya, Smart Mom!.

Prev Post

Resep Beef Bowl ala Resto

Next Post

Suka Brownies? Coba Bikin Sendiri Yuk, Smart Mom!

SHARE TO