Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Si Kecil Suka Buang-buang Makanan? Atasi Dengan Cara Ini

Posted on 10 November 2017, 05:53 AM
Si Kecil Suka Buang-buang Makanan? Atasi Dengan Cara Ini

Si Kecil yang pilih-pilih makanan memang menjengkelkan. Tapi akan lebih menjengkelkan jika kebiasaan ini diikuti dengan suka buang-buang makanan yang nggak disukainya. Bukan hanya membuat ruangan jadi kotor, hal ini pun akan membuatnya sulit lepas dari kebiasaan pilih-pilih makanan.

Tapi nggak perlu khawatir Smart Mom, dengan beberapa cara berikut ini, kebiasaan Si Kecil buang-buang makanan akan bisa diatasi.

Sajikan dalam porsi kecil

Makin banyak makanan yang disajikan, makin besar kemungkinan Si Kecil akan memainkan makanan tersebut saat perutnya terasa kenyang. Hal inilah yang membuat Smart Mom wajib menyajikan makan dalam porsi yang kecil.

Selain itu, makan dalam porsi kecil pun akan membuat Si Kecil terhindar dari mengonsumsi makanan secara berlebih, yang berakibat kepada meningkatnya risiko obesitas.

Sajikan dalam ukuran one bite

Terkadang, hobi Si Kecil membuang makanan karena ukurannya yang terlalu besar. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Smart Mom menyajikan makanan dalam ukuran one bite atau satu kali suap.

Makanan berukuran kecil akan memudahkan Si Kecil untuk mengunyahnya, sekaligus mengurangi risiko makanan yang dibuang karena mulut yang terlalu penuh. Selain itu, biarkan Si Kecil makan sendiri dengan menggunakan tangannya agar kemampuan motorik halusnya lebih terlatih.

Temani saat makan

Walaupun sudah punya kemampuan untuk makan sendiri, sebaiknya ajak Si Kecil makan bersama. Cara ini cukup efektif untuk memastikan Si Kecil makan dengan rapi, sekaligus mengurangi risiko Si Kecil memainkan makanannya.

Dengan menemani Si Kecil makan, Smart Mom pun bisa memastikan Si Kecil makan dengan porsi yang sesuai kebutuhannya.

Pilih perlengkapan makan tepat

Si Kecil yang masih suka membuang makananya, bisa dipastikan dia belum bisa rapi saat memakan. Untuk mengindari risiko yang tidak diinginkan, seperti piring atau gelas yang terjatuh, makanan tumpah dan lainnya, Smart Mom harus memilih perlengkapan makan yang tepat.

Di usianya yang masih balita, sebaiknya pilih perlengkapan makanan berbasis plastik atau melamin. Tapi sebelum itu, bahan-bahan tersebut aman, seperti, memiliki kode PP atau Polyprophylene dan BPA free.

Prev Post

3 Cara Ini Bisa Menumbuhkan Sifat Optimis Si Kecil

Next Post

Si Kecil Rewel dan Manja? Lakukan Ini Untuk Mengatasinya!

SHARE TO