Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Si Kecil Suka Memukul dan Menendang, Begini Cara Mengatasinya!

Posted on 26 April 2019, 02:57 AM
Si Kecil Suka Memukul dan Menendang, Begini Cara Mengatasinya!

Pernah melihat anak yang langsung memukul, menendang dan berteriak saat keinginannya tidak terpenuhi? Dalam kondisi ini, tentu banyak orang tua yang akan merasa bingung. Dibiarkan, khawatir akan jadi kebiasaan. Jika dihadapi, bagaimana cara yang tepat untuk menghadapinya?

Apa yang harus Smart Mom lakukan untuk menghentikannya?

Menanggapi hal ini, Sarah Ockwell-Smith, pakar Metode Gentle Parenting, sekaligus penulis buku The Gentle Discipline, menjelaskan jika anak memiliki fase unik yang disebut mode fight or flight, yang merupakan fase ketika tubuh anak dibanjiri bahan kimia yang mendorong dia untuk berkelahi.

Menurut Sarah, kondisi ini biasanya terjadi saat Si Kecil sedang berada dalam puncak kekesalan, dan dia belum mampu mengendalikan emosinya. Alhasil, pukulan, tendangan, dan teriakan jadi cara pertama yang dipilih sebagai pelampiasan.

Meskipun normal, Sarah mengingatkan jika kebiasaan ini harus segera dihentikan. Ada beberapa trik yang bisa Smart Mom lakukan, diantaranya adalah :

  1. Pisahkan Si Kecil dari orang yang memicu emosinya meledak. Ini penting dilakukan, karena selama objek pemicu emosinya masih ada, Smart Mom akan sulit untuk menenangkannya.
  2. Terus dekati Si Kecil, dan peluk dia untuk menenangkannya. Jika anak malah melawan, sebaiknya hindari dulu, tapi tetap diawasi dalam jarak yang sangat dekat.
  3. Setelah cukup tenang, ajak Si Kecil bicara dan cari tahu alasan dia melakukan hal tersebut (memukul dan menendang). Pastikan Smart Mom bicara dengan bahasa yang lembut.
  4. Coba katakan apa perasaannya jika Si Kecil berada di posisi anak yang dipukul. Tentu tidak enak bukan? Jelaskan jika orang lain pun sama, tidak ingin mendapat pukulan darinya.
  5. Terus latih Si Kecil untuk melampiaskan kekesalannya dengan cara yang positif. Jelaskan jika kemarahan tidak akan pernah bisa menyelesaikan masalah.

Jika Si Kecil berada dalam fase ini, Sarah menyarankan agar Smart Mom melaporkan hal ini kepada pihak sekolah agar Si Kecil mendapat bimbingan untuk melampiaskan amarah dengan cara positif, sekaligus sebagai langkah antisipasi terjadinya korban luka akibat kemarahannya.

Prev Post

Hati-hati, Ini Efek Buruk Mom Shaming Pada Tumbuh Kembang Si Kecil

Next Post

Burger Nasi Oncom, Hidangan Unik Yang Wajib Smart Mom Coba

SHARE TO