Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Si Kecil yang Banyak Bertanya Berarti Cerdas, Mitos atau Fakta?

Posted on 13 February 2020, 10:09 AM
Si Kecil yang Banyak Bertanya Berarti Cerdas, Mitos atau Fakta?

Si Kecil yang banyak bertanya berarti cerdas. Anggapan ini mungkin sering Smart Mom dengar dan ada dari Smart Mom yang penasaran apakah anggapan ini fakta atau mitos belaka. Berikut penjelasan singkat tentang anggapan ini.

Tiap anak punya bakatnya masing-masing. Tetapi memang ada beberapa tanda khusus yang menunjukkan jika seorang anak seorang terlahir cerdas, salah satunya adalah selalu ingin tahu sehingga ia menjadi banyak bertanya. Menurut studi dari Journal of Individual Differences, ada hubungan antara kecerdasan dengan keterbukaan terhadap pengalaman baru dan juga rasa ingin tahu. 

Bahkan, seorang fisikawan ternama, Albert Einstein, sendiri pernah mengungkapkan bahwa bakat khusus yang dimilikinya adalah rasa ingin tahu yang mendalam. Mereka yang cerdas memang cenderung mudah terpana dengan hal-hal yang dianggap biasa oleh orang pada umumnya. Hal ini bisa terjadi karena memang mereka yang cerdas punya cara pandang yang tidak sama dalam melihat suatu hal. 

Tidak beda dengan yang terjadi pada anak-anak yang banyak bertanya. Rasa ingin tahu pada Si Kecil mendorongnya untuk menelaah dan memahami sebuah kondisi dan mempertanyakan kenapa sesuatu bisa menjadi seperti demikian adanya.

Contohnya, Si Kecil bertanya kenapa pada siang hari itu terang, sedangkan malam hari itu gelap. Kenapa air laut itu asin, kenapa darah itu merah, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang seringkali  membuat orang lain, bahkan orang tuanya sendiri enggan menjawabnya.

Padahal, respon orang tua saat Si Kecil banyak seharusnya lebih sabar dan berusaha untuk menjawab dan menerangkan apa yang ditanyakan oleh Si Kecil. Jika orangtua membatasi keinginan Si Kecil untuk bertanya dan mengetahui banyak hal, hal ini justru bisa menghambat perkembangan kognitif serta motorik Si Kecil.

Selain itu memberikan kesempatan untuk Si Kecil bertanya seluas-luasnya juga bisa membuat orangtua menjadi lebih cepat mengetahui ke arah mana sebenarnya bakat anak.

Jadi, anggapan yang mengatakan bahwa Si Kecil yang banyak bertanya berarti cerdas adalah fakta dan bukan mitos belaka. Semoga bermanfaat dan jika Smart Mom ingin tahu lebih jauh tentang hal ini, Smart Mom bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter yang ahli di bidang perkembangan anak.

Prev Post

4 Langkah Mudah Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Next Post

Tips Sukses Mendidik Si Kecil di Era Digital

SHARE TO