Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Smart Mom, Ini Cara Efektif Ajari Si Kecil Menghormati Orang Lain!

Posted on 7 August 2018, 03:02 AM
Smart Mom, Ini Cara Efektif Ajari Si Kecil Menghormati Orang Lain!

Menurut Michael Gurian, penulis buku The Purpose of Boys, anak yang tumbuh dengan sikap mau mendengarkan orang lain, mematuhi peraturan, dan mampu menghormari orang lain, merupakan modal utama agar mereka memiliki kepribadian yang luhur.

Untuk meujudkan itu semua, Smart Mom harus menanamkan pendidikan karakter sejak dini dengan beberapa cara berikut ini.

Ajari Agar Patuh Pada Aturan

Untuk bisa menghormati orang lain, hal pertama yang harus dilakukan adalah, membuat anak belajar bagaimana menaati peraturan dalam keluarga. Lewat aturan tersebut, anak akan belajar disiplin, dan tahu bagaimana caranya bersikap serta menghargai orang lain.

Saat anak melanggar aturan, seperti berbicara dengan bahasa yang buruk, Smart Mom bisa memberikan hukuman. Tapi ingat, jangan berikan hukuman secara fisik, tapi lebih mengarah kepada hukuman edukatif, seperti membersihkan rumah, atau pemotongan jam menonton TV.

Hindari bahasa kasar atau berbicara dalam nada tinggi saat Si Kecil tidak patuh atau tidak memperlakukan orang dengan baik. Sikap seperti ini akan membuat anak menganggap jika aturan hanya digunakan sebagai hukuman, sekaligus sebagai pengikat agar dia mengikuti keinginan Smart Mom.

Berikan Contoh yang Baik

Dalam bukunya, Gurian menegaskan jika orangtua adalah sumber pembelajaran pertama anak-anak sebelum mereka belajar bersama lingkungannya atau di sekolahnya. Untuk itu, selalu beri contoh yang baik bagaimana cara memperlakukan orang lain dengan hormat.

Misalnya, Smart Mom bisa menunjukan rasa hormat kepada orangtua (kakek dan neneknya) dengan mencium tangannya, atau menunduk saat mereka bicara. Selain itu, sikap yang sama bisa Smart Mom tunjukan kepada tetangga, atau kerabat yang usianya lebih tua.

Smart Mom pun bisa menunjukan sikap penuh kasih sayang kepada orang yang lebih muda, termasuk memperlakukan teman-teman Si Kecil saat mereka bermain bersama di rumah. Dengan begini, Si Kecil akan melihat dan belajar bagaimana cara memperlakukan orang dengan penuh rasa hormat.

Yang tidak kalah pentingnya, pastikan Smart Mom konsisten menunjukan sikap hormat ini agar mereka bisa menjadikannya sebagai karakter utama yang mengakar kuat dalam dirinya. Selamat mencoba!

Prev Post

Smart Mom, Yuk Pakai Cara Simple Tanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini

Next Post

Smart Mom, Ini Trik Agar si Kecil Lahap Saat Makan Buah-buahan!

SHARE TO