Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Smart Mom, Inilah Cara Sederhana Ajarkan Anak Minta Maaf

Posted on 30 May 2018, 03:08 AM
Smart Mom, Inilah Cara Sederhana Ajarkan Anak Minta Maaf

Berani meminta maaf merupakan salah satu sikap positif yang wajib dimiliki anak. Dengan berani meminta maaf, anak akan diajarkan untuk menyadari dan berani mengakui kesalahannya, belajar untuk berempati, dan berkomitmen untuk memperbaiki diri dengan tidak mengulangi kesalahannya.

Meskipun sangat sederhana, berani meminta maaf bukanlah perkara mudah. Untuk bisa melakukannya, Smart Mom harus mengajarkannya sejak dini.

Ajarkan Benar dan Salah

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, Smart Mom harus bisa mengajarkan anak agar bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Dengan cara seperti ini, anak akan memiliki filter sehingga dengan sendirinya akan berusaha melakukan hal-hal yang benar, termasuk kepada orang lain.

Selain itu, dengan mengetahui hal yang harus dilakukan dan mana yang harus dijauhi, anak pun akan menyadari saat dia melakukan kesalahan.

Tanamkan Sejak Dini

Saat anak melakukan kesalahan, sebaiknya jangan langsung memarahinya. Justru sebaliknya, Smart Mom harus mendekatinya dan jelaskan kesalahan apa yang sudah dilakukannya. Setelah itu, dorong anak untuk meminta maaf atas kesalahannya.

Untuk tahap pertama, Si Kecil mungkin akan menolak, atau mungkin juga akan malu-malu melakukannya. Jangan khawatir, ini merupakan reaksi normal dan Smart Mom tidak perlu memaksanya terlalu keras.

Hindari Mengancam

Jika Si Kecil menolak, Smart Mom sebaiknya bersabar dan bujuk terus agar dia mau meminta maaf. Smart Mom mungkin akan merasa jengkel saat Si Kecil menolak minta maaf sehingga tidak sengaja mengeluarkan kata-kata yang bersifat ancaman. Untuk itu, tetap tahan diri dan bersabarlah!

Jadilah Contoh

Jika Smart Mom memang melakukan kesalahan pada Si Kecil, sebaiknya langsung meminta maaf setelah Si Kecil berhenti bereaksi atas kesalahan yang Smart Mom lakukan, seperti marah atau menangis. Begitupun jika Smart Mom sempat berteriak dan memarahi Si Kecil, cobalah untuk meminta maaf dan jelaskan jika Smart Mom sedang dalam kondisi tidak baik. Yakinkan Si Kecil jika Smart Mom menyayanginya, dan permintaan maaf Smart Mom tulus

Perlu diingat, mengatakan maaf bukanlah hal yang bisa merendahkan harga diri anak. Justru sebaliknya, berani meminta maaf merupakan tanda jika Si Kecil memiliki pribadi yang baik.

Prev Post

Resep Sarapan Super Mudah, Cinnamon Toast

Next Post

Inilah Metode Baru untuk Deteksi Autisme Sejak Dini

SHARE TO