Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Solusi Efektif Cegah Bully, Ajarkan Si Kecil Pandai Bergaul!

Posted on 12 February 2020, 02:38 PM
Solusi Efektif Cegah Bully, Ajarkan Si Kecil Pandai Bergaul!

Bullying yang terjadi pada anak harus akui memang sangat mengerikan karena efek dari Bullying ini tidak cuma  akan terasa saat di masa anak-anak saja, tetapi bisa berlanjut sampai ia dewasa kelak. Bahkan, tidak sedikit anak yang akhirnya memutuskan untuk bunuh diri karena merasa tidak kuat lagi menghadapi tekanan dari teman sebayanya.

Jangan biarkan anak kita menjadi korban maupun pelaku dari bullying. Smart Mom dan pasangan perlu untuk melakukan pencegahan agar anak tidak mengalami bully. Bagaimana caranya? Salah satu solusi efektifnya adalah dengan mendorong Si Kecil untuk bisa lebih mudah bergaul.

Seorang Psikiater Klinik Psikosomatik, dr Andri SpKJ FAPM, mengungkapkan sebagian besar korban bullying merupakan anak yang kurang percaya diri dan kurang pandai dalam bergaul. Biasanya menurut para pelaku bullying, mereka yang tidak pandai bergaul (tidak terlalu punya banyak teman) adalah anak yang lemah sehingga mudah untuk di-bully.

Lalu, bagaimana agar Si Kecil bisa lebih pandai bergaul?

Ada beberapa hal yang bisa Smart Mom lakukan supaya anak bisa lebih pandai bergaul dan akhirnya bisa lebih mudah mendapatkan teman. Tapi sebelumnya, usahakan untuk menjadikan dulu anak menjadi percaya diri.

dr Andri SpKJ FAPM menyarankan orang tua untuk mengikuti sertakan Si Kecil dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, seperti Pramuka, kelas seni dan kegiatan lainnya. Menurutnya, cara ini terbukti efektif membiasakan anak-anak bersosialisasi dan kepercayaan dirinya lebih terlatih.

Jangan lupa juga untuk membekali anak dengan kemampuan khusus yang bisa membuat teman sebayanya tertarik untuk berteman dengan Si Kecil. Contoh, melatihnya untuk pintar mata pelajaran sulit, seperti matematika, atau dorong Si Kecil untuk ikut serta dalam kegiatan olahraga dan seni bela diri. Dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, secara perlahan Si Kecil akan mulai diperhitungkan oleh teman sebayanya.

Sementara menurut seorang psikolog bernama Anna Surti Ariani, S.Psi., M.si, Smart Mom disarankan mengajarkan Si Kecil belajar untuk mengatasi rasa tidak nyaman di lingkungan barunya, dan tidak takut untuk mencoba menjalin hubungan dengan orang-orang yang pernah atau berpotensi melakukan bully padanya.

Caranya, Smart Mom mungkin bisa mengundang teman-teman sang buah hati untuk main dan mengerjakan tugas sekolah bersama di rumah, kemudian perlakukan mereka dengan baik. Secara perlahan dan bertahap, trik yang satu ini bisa membuat hubungan sosial Si Kecil dan teman sebayanya semakin kuat, dan resiko terjadinya bullying pun bisa diminimalisir.

Prev Post

3 Noda Pakaian yang Paling Susah Dihilangkan dan Tips Mengatasinya

Next Post

Nasi Tim Ayam, Bekal Si Kecil yang Lezat dan Sehat

SHARE TO