Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips agar Anak Zaman Sekarang Memiliki Sopan Santun dan Etika yang Baik

Posted on 24 December 2020, 02:45 PM
Tips agar Anak Zaman Sekarang Memiliki Sopan Santun dan Etika yang Baik

Sopan santun sangat penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak-anak karena tidak hanya bisa membantunya tumbuh menjadi individu berperilaku baik, tetapi juga meningkatkan kemampuan dalam berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Namun sayangnya, di zaman serba digital seperti saat ini tidak sedikit orang tua yang merasa kesulitan untuk menanamkan nilai-nilai ini pada sang buah hati.

Nah, agar Si Kecil memiliki sopan santun dan etika yang baik, berikut adalah tips yang bisa kita coba terapkan.

  1. Perkenalkan dengan Kata-Kata Sopan

Smart mom bisa memulai menanamkan nilai sopan santun dengan mengajari Si Kecil dengan kata-kata sopan. Ada 4 kata yang sebaiknya diajarkan kepada Si Kecil, terutama ketika si kecil sedang bertumbuh dan berkembang. Kata-kata tersebut adalah tolong, terima kasih, permisi, dan juga maaf.

Ajak Si Kecil untuk mengucapkan kata-kata tersebut, seperti mengawali dengan kata tolong saat ia ingin dibantu oleh Smart Mom atau anggota keluarga yang lain di rumah. Jangan lupa ajak anggota keluarga yang lain agar Si Kecil bisa konsisten melakukan hal tersebut.

  1. Menjadi Contoh

Anak-anak umumnya mampu belajar dengan baik dengan cara mencontoh orang-orang yang ada di sekitarnya dan karena itulah saat Smart Mom ingin menanamkan nilai sopan santun kepada Si Kecil, Smart Mom sebaiknya memberi contoh dengan melakukan nilai sopan santun tersebut.

  1. Berikan Pujian

Saat Smart Mom melihat Si Kecil beretika dengan baik atau bertindak sopan, baik itu di rumah atau di tempat umum, Smart Mom bisa langsung memberinya pujian yang tulus sebagai tanda bahwa Smart Mom menghargai apa yang sudah dilakukan Si Kecil.

  1. Koreksi Dengan Cara yang Baik

Anak-anak mungkin saja masih melakukan hal yang salah dan Smart Mom sebaiknya mengoreksinya dengan tepat. Langkah yang tepat saat ingin mengoreksi Si Kecil adalah langsung memberitahukan kepada Si Kecil saat ia melakukan kesalahan dan jelaskan apa alasannya.

Jika  menurut Smart Mom Si Kecil cukup sensitif, ada baiknya jika Smart Mom mengajaknya ke tempat yang lebih sepi supaya Smart Mom bisa memberi tahu kesalahannya dengan nada yang bersahabat tanpa membuat Si Kecil merasa kecil hati karena sudah melakukan kesalahan.

  1. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Karena anak-anak biasanya akan lebih mudah mempelajari sesuatu yang menurut mereka menyenangkan untuk dilakukan, Smart Mom bisa mencoba menanamkan nilai sopan santun sambil melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Contohnya Smart Mom bisa mengajak Si Kecil membeli makanan kesukaan Si Kecil sembari menanamkan nilai sopan santun saat ia berinteraksi dengan pedagang, seperti memesan dengan kata-kata yang sopan dan mengucapkan terima kasih saat makanannya selesai dibuat oleh pedagangnya.

Harus diakui menanamkan nilai sopan santun pada Si Kecil tentu membutuhkan waktu dan kesabaran. Agar berhasil, Smart Mom disarankan untuk tetap bersabar dan konsisten agar sang buah hati mengerti apa yang Smart Mom coba tanamkan kepada mereka. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Prev Post

Kesalahan yang Sering Tak Disadari saat Menyetrika Pakaian

Next Post

Tips Bebas Stres Saat Temani Si Kecil Sekolah Online

SHARE TO