Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Agar Si Kecil Berani Mengungkapkan Isi Hatinya

Posted on 4 November 2020, 01:47 PM
Tips Agar Si Kecil Berani Mengungkapkan Isi Hatinya

Sebagai orang tua, Smart Mom pasti menginginkan Si Kecil menjadi pribadi yang komunikatif dan bisa mengekspresikan diri dan perasaannya. Dengan membangun karakternya menjadi pribadi yang komunikatif, maka komunikasi Smart Mom dengan Si Kecil bisa menjadi lebih lancar.

Tetapi harus diakui membangun karakter tersebut pada Si Kecil tidak mudah dan perlu adanya dukungan dari orang tua. Berikut adalah beberapa tips agar Si Kecil berani mengungkapkan isi hatinya.

  1. Sering bertanya tentang pendapat Si Kecil

Tanyakan pendapat Si Kecil tentang apa saja. Selain bisa melatih keberaniannya untuk menjawab, juga bisa melatih kemampuan berpikirnya. Walaupun mungkin belum tentu mendapat jawaban dari Si Kecil atau jawabanya belum memuaskan, dengan sering meminta pendapatnya, Smart Mom sudah memberi kesempatan Si Kecil untuk bisa berpikir dan melatihnya mengungkapkan isi pikirannya.

  1. Dengarkan Si Kecil

Ketika Si Kecil bertanya atau mengungkapkan apa saja, Smart Mom harus mendengarkan. Saat mendengar, usahakan untuk selalu menatapnya dan memberikan umpan balik baik berupa pertanyaan, ledekan, ketidaksetujuan atau lainnya tanpa membuat Si Kecil merasa tersinggung. Harus diingat, jangan merespon Si Kecil sambil melihat layar hp, atau nonton TV.

  1. Beri apresiasi

Apapun yang diutarakan Si Kecil, berikan apresiasi. Tidak harus dalam bentuk hadiah. Bisa saja hanya dalam bentuk kalimat, "Aduh, terima kasih sayang sudah mengingatkan bunda," atau "Bunda senang deh ade sudah berani bilang tentang itu ke bunda."

  1. Kritik 

Kritik diperbolehkan karena bisa membantu membangun kemampuan komunikasi anak. Si Kecil juga akan belajar menerima kesalahannya. Tapi ingat, jangan lupa beri juga solusi dan gunakan bahasa yang halus saat mengkritiknya. Untuk Si Kecil yang masih balita atau yang memang sensitif emosinya, Smart Mom juga harus lebih hati-hati agar tidak membuatnya kecil hati. 

 

Semoga beberapa tips agar Si Kecil berani mengungkapkan isi hatinya ini bermanfaat dan selamat mencoba tipsnya ya, Smart Mom!

Prev Post

Panduan Membuat Kamar Mandi Aman untuk Si Kecil

Next Post

Sayur Bobor Bayam, Enak dan Sehat untuk Keluarga Tercinta

SHARE TO