Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Ajari Si Kecil Kelola Angpao

Posted on 9 April 2019, 06:57 AM
Tips Ajari Si Kecil Kelola Angpao

Tahun baru Imlek ataupun Lebaran dan hari raya tertentu identik dengan pemberian angpao untuk anak-anak dari saudara maupun orang tua. Jumlahnya bervariasi, sesuai dengan keinginan yang memberi. Tapi jumlah bukan hal yang penting Smart Mom, yang terpenting adalah, bagaimana cara Si Kecil mengelolanya.
Berikut merupakan trik mengajari Si Kecil mengelola angpao imlek agar lebih bermanfaat.

Kumpulkan Dahulu
Sebaiknya amplop angpau jangan langsung dibuka, tapi dikumpulkan dulu dalam satu tempat dan baru dihitung setelah sampai di rumah atau ketika tamu sudah pulang. Selain demi kesopanan, cara ini pun dilakukan agar Smart Mom dan Si Kecil dapat menghitung dan merencanakan penggunaan uang tersebut.
Bersama Si Kecil, Smart Mom bisa menghitung angpao bersama, kemudian pisahkan uang tersebut sesuai dengan pecahan nominalnya.

Tanyakan Apa Yang Diinginkan Anak
Setelah dihitung, Smart Mom bisa bertanya apa yang akan dilakukan Si Kecil dengan uang tersebut. Jangan kaget kalau dia meminta mainan baru atau ingin berlibur ke tempat yang diinginkannya. Ini normal dan hampir semua anak melakukannya.
Cara ini dilakukan agar Si Kecil merasa diberi kebebasan untuk menggunakan uang yang dia dapatkan sesuai dengan keinginannya.

Berikan Saran
Setelah Si Kecil mengemukakan keinginannya, Smart Mom bisa memberikan beberapa saran kepada Si Kecil agar uang tersebut tepat guna. Misalnya, dibelikan sepatu baru atau perlengkapan sekolah lainnya, ditabungkan agar jumlahnya bertambah, atau ditawarkan untuk investasi.
Jangan lupa jelaskan juga keunggulannya. Misalnya untuk investasi, Smart Mom bisa menjelaskan jika nilai uang bisa meningkat dan nantinya bisa digunakan membeli hal yang ia inginkan.

Biarkan Si Kecil Yang Memutuskan
Si Kecil mungkin akan sedikit bingung memilih antara mengikuti salah satu saran dari Smart Mom, atau menggunakan uang tersebut untuk memenuhi keinginannya. Jangan khawatir, jelaskan jika keputusannya tergantung kepada Si Kecil.
Minta Si Kecil untuk memikirkan dulu apa yang benar-benar dia inginkan dengan uang tersebut, dan untuk sementara Smart Mom bisa menyimpan uang tersebut sampai Si Kecil dapat keputusan.

Prev Post

Inilah 7 Masalah yang Harus Dihadapi Si Kecil Zaman Now

Next Post

Kakeibo, Menabung ala Ibu Rumah Tangga Jepang yang Bisa Smart Mom Tiru

SHARE TO