Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Bebas Stres Saat Temani Si Kecil Sekolah Online

Posted on 29 December 2020, 10:13 AM
Tips Bebas Stres Saat Temani Si Kecil Sekolah Online

Sampai saat ini pandemi masih belum berakhir dan akibatnya banyak kegiatan, termasuk belajar mengajar masih harus dilakukan rumah. Hal ini membuat tidak sedikit dari orang tua yang merasa kewalahan karena suka tidak suka mereka harus membagi waktu antara mendampingi sang buah hati belajar dengan menyelesaikan tugas rumah tangga atau tugas kantor bagi mereka yang juga bekerja.

Nah, supaya tidak stres saat menemani Si Kecil belajar di rumah, tips berikut ini bisa Smart Mom coba.

Buat Kesepakatan di Awal

Smart Mom bisa mencoba untuk membuat kesepakatan di awal terkait jadwal belajar harian Si Kecil. Smart Mom bisa menanyakan kapan ia mau menyelesaikan tugas-tugas sekolah, kapan ia bisa bermain, serta kapan ia harus istirahat. Selain itu, ada baiknya juga untuk membuat konsekuensinya jika ia melanggar agar Si Kecil bisa belajar untuk bertanggung jawab atas kesepakatan yang telah dibuat tadi.

Menguasai Materi Pelajaran

Dengan belajar di rumah ini artinya orang tua diharapkan untuk membantu menjelaskan dan menyampaikan materi pembelajaran pada Si Kecil. Tapi ingat, jangan dibawa pusing dulu, ya, Smart Mom. Smart Mom pasti bisa, kok! Kuncinya adalah menguasai hal yang ingin disampaikan. Coba pelajari materinya supaya tidak salah saat mendampingi si kecil belajar. 

Jalin Komunikasi dengan Guru Si Kecil

Tidak hanya dengan Si Kecil, komunikasi antara orang tua dan guru juga sebaiknya terjalin dengan baik. Terlebih jika ada hal-hal yang kurang bisa dipahami oleh Smart Mom. Jangan ragu untuk berkonsultasi dan berkoordinasi terkait materi dan tugas sekolah. Sampaikan juga kendala yang Smart Mom rasakan selama mendampingi Si Kecil belajar di rumah kepada sang guru. Ini penting untuk dilakukan agar Smart Mom segera menemukan solusi dan terhindar dari stres.

Miliki Waktu Istirahat

Perubahan rutinitas yang cukup ekstrim selama pandemi sudah pasti membuat kebanyakan dari kita merasa tertekan dan kewalahan. Kalau Smart Mom merasa tekanan selama proses belajar di rumah ini, tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak. Beri jeda beberapa saat supaya pikiran dan hati kembali segar. Jika Smart Mom merasa perlu waktu yang lebih lama, contohnya 1-2 hari untuk beristirahat, tidak masalah. Yang paling penting adalah menyampaikannya pada guru, supaya guru mengerti dan paham situasi yang Smart Mom alami.

Berbincang dengan Orang Terdekat

Sudah melakukan berbagai beberapa hal yang disebutkan di atas, tapi stres dan penat masih tak kunjung hilang? Kalau begitu, cobalah berbincang dengan orang terdekat, seperti pasangan tercinta atau sahabat. Hal ini bisa menjadi wadah untuk menumpahkan unek-unek yang ada, sehingga Smart Mom merasa lebih lega dan terhindar dari stres.

 

Semoga tipsnya bermanfaat!

Prev Post

Tips agar Anak Zaman Sekarang Memiliki Sopan Santun dan Etika yang Baik

Next Post

Langkah Mudah Menyortir Pakaian Untuk Dicuci

SHARE TO