Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Dampingi Si Kecil Sekolah di Rumah

Posted on 1 April 2020, 01:27 PM
Tips Dampingi Si Kecil Sekolah di Rumah

Untuk menekan penyebaran virus corona di negara kita, seluruh pemerintah provinsi dan daerah memutuskan untuk menutup sekolah dan kegiatan belajar mengajar dipindahkan sementara ke rumah. Sebagai orang tua, Smart Mom dan pasangan harus paham bahwa ditutupnya sekolah bukan berarti Si Kecil bebas bermain dan tidak belajar. Sebab, seluruh sekolah sudah berkoordinasi dengan dinas pendidikan terkait untuk memastikan pembelajaran jarak jauh tetap dilakukan.

Mendampingi Si Kecil belajar di rumah sepanjang hari ternyata bukan hal mudah ya Smart Mom. Pasti sikap Si Kecil berbeda saat belajar dengan gurunya dibanding saat Smart Mom yang mengajarkan. Butuh trik supaya Si Kecil bisa  tetap fokus selama belajar di rumah. Dilansir dari laman situs kumparan.com, menurut Aar Sumardiono, praktisi homeschooling, sekaligus pendiri Rumah Inspirasi (ruang belajar homeschooling, parenting, dan pendidikan entrepreneurship),  mendampingi Si Kecil belajar di rumah memang butuh strategi.

Nah, supaya kegiatan belajar di rumah menyenangkan, Smart Mom harus memahami 3 hal berikut ini.

1. Mengelola Ekspektasi

Orang tua harus menyamakan ekspektasi dengan pihak pengajar di sekolah dan Si Kecil. Smart Mom harus tahu apa ekspektasi pihak sekolah ketika memutuskan untuk meliburkan sekolah. Contohnya, target belajar apa yang harus dicapai Si Kecil ketika belajar di rumah atau tugas-tugas apa yang perlu diselesaikan Si Kecil saat ia tidak bersekolah.

2. Beritahu Kondisi yang Terjadi

Beritahu pada Si Kecil tentang kondisi yang terjadi saat ini, terutama tentang kenapa sekolah ditutup dan ia tidak bisa pergi ke sekolah. In penting supaya Si Kecil bisa memahami keadaan yang terjadi, sehingga mereka tetap waspada dengan pandemi virus corona yang terjadi saat ini.

Setelahnya, buatlah kesepakatan dengan Si Kecil, kegiatan apa saja yang harus dilakukan selama sekolah diliburkan. Smart Mom bisa membantu Si Kecil membuat jadwal hariannya selama tidak pergi ke sekolah. 

3. Belajar dengan Kegiatan yang Kreatif

Berada di rumah dalam jangka waktu yang lama bisa jadi kesempatan Smart Mom untuk membuat kegiatan belajar yang menyenangkan bersama Si Kecil di rumah. Jangan hanya belajar memakai buku sekolah, carilah kegiatan belajar yang lebih menyenangkan.

Contohnya, meminta Si Kecil untuk mengulas film edukasi yang sudah ditonton bersama, belajar bermasak bersama, atau membuat prakarya yang menarik.

Itulah 3 hal yang harus dipahami agar kegiatan belajar di rumah menjadi lebih menyenangkan. Semoga bermanfaat dan jika Smart Mom memang kewalahan atau mengalami kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan pasangan ya!

Prev Post

Alasan Kita Harus Segera Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik

Next Post

Manfaat Social Distancing dan Cara Tepat untuk Melakukannya

SHARE TO