Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Mempersiapkan Hari Pertama Anak Sekolah

Posted on 22 May 2018, 08:08 AM
Tips Mempersiapkan Hari Pertama Anak Sekolah

Hari pertama sekolah selalu jadi topik melelahkan tiap tahunnya. Apalagi jika tahun ini Si Kecil baru akan masuk TK, atau baru beralih dari TK ke SD. Walaupun begitu, jangan dianggap beban. Dengan trik yang tepat, persiapan hari pertama sekolah anak akan terasa lebih mudah.

Smart Mom mau tahu caranya? Simak yuk trik pintar tanpa panik mempersiapkan anak untuk siap di hari pertama sekolah.

Persiapkan Sejak Awal

Agar tidak panik pas hari H datang, sebaiknya segala hal yang dibutuhkan di hari pertama sekolah dipersiapkan jauh-jauh hari, seperti pakaian seragam, sepatu, tas hingga alat tulis. Semua perlengkapan tersebut harus disimpan dalam tempat yang terlindungi dan mudah dijangkau.

Saat hari H datang, pagi-pagi sekali Smart Mom harus mempersiapkan sarapan dan keperluan sekolah Si Kecil. Dengan cara ini, anak akan lebih siap menjalani aktivitasnya kembali.

Pastikan Istirahat yang Cukup

Berlibur boleh, tapi usahakan untuk menyelesaikan liburan, minimal 2 hari sebelum hari pertama sekolah dimulai. Hal ini dimaksudkan agar Si Kecil punya cukup waktu untuk beristirahat, terutama di malam hari menjelang hari pertama sekolah.

Hindari kebiasaan bermain games dan nonton TV hingga larut malam, terutama menjelang hari H sekolah tiba. Hal ini dilakukan agar Si Kecil bisa beristirahat dengan maksimal.

Pastikan Kemampuan Self Help Si Kecil Sudah Maksimal

Jika ini pengalaman pertama Si Kecil sekolah, pastikan Smart Mom sudah mengajari kemampuan self help Si Kecil, seperti toilet learning dan lainnya. Selain itu, ajarkan juga cara meminta bantuan kepada orang lain, baik kepada teman baru atau gurunya nanti.

Selain itu, untuk meningkatkan keterampilan sosial dan emosional, pastikan Si Kecil sudah diajari bagaimana caranya berkenalan, atau meminta izin untuk duduk di sebelah teman barunya.

Latih Kemandirian dan Percaya Diri

Melatih kemandirian Si Kecil tidak bisa dilakukan dalam 1 atau 2 hari, tapi harus melewati banyak proses. Untuk itu, sebelum masuk sekolah, Smart Mom wajib memastikan jika Si Kecil sudah cukup mandiri, dan sudah siap jika harus ditinggal di sekolah.

Dengan persiapan yang matang, baik persiapan fisik ataupun psikis, Si Kecil akan lebih siap menyongsong hari pertama sekolah. Di sisi lain, Smart Mom pun tidak panik saat menghadapi hari spesial ini.

Prev Post

Smart Mom, Yuk Ajari Si Kecil Membuat Scrambled Egg

Next Post

Kakak Ternyata Bisa Belajar Hal Ini dari Sang Adik

SHARE TO