Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital

Posted on 30 May 2018, 03:19 AM
Tips Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital

Zaman sekarang, gadget bukan hanya mainan orang dewasa. Anak-anak pun kini sudah banyak yang pegang gadget masing-masing. Jika tidak waspada, pengaruh buruk dunia maya bisa memberikan dampak mengerikan bagi anak-anak, dari mulai paparan pornografi hingga cyber bullying.

Untuk menangkal pengaruh buruk dunia maya, Smart Mom tidak hanya dituntut untuk mengenal gadget, tapi lebih dari itu, Smart Mom pun harus bijak dalam menangkal pengaruh buruk gadget. Berikut merupakan tips jadi orangtua bijak di era digital.

Rajin Membangun Obrolan Bersama Anak

Cobalah untuk menyempatkan waktu mengobrol dengan Si Kecil, setidaknya setelah jam makan malam atau sambil sarapan. Di waktu ini, usahakan tidak ada satupun anggota keluarga yang memegang gadget agar kualitas obrolan jadi lebih maksimal.

Dengan membangun obrolan bersama anak, sedikit banyak Smart Mom akan mengetahui bagaimana pola pikir anak, dan apa saja yang dia kerjakan selama berada di dunia maya.

Mengedukasi Diri Sendiri

Untuk menangkal pengaruh buruk dunia maya, Smart Mom tidak bisa menggunakan pemahaman lama. Justru sebaliknya, sebaiknya perkaya informasi tentang perkembangan dunia maya, bagaimana cara memantau anak-anak tanpa membuat mereka merasa diawasi, dan terapkan filter konten dunia maya.

Dengan cara ini, Smart Mom akan tahu bagaimana kondisi dunia maya sekarang ini, sekaligus bisa menerapkan filter agar anak-anak tidak terpapar dampak buruknya.

Buat Aturan yang Disetujui Anak dan Orangtua

Semua harus dikendalikan oleh aturan, termasuk tatakrama di dunia maya. Smart Mom bisa mengizinkan anak-anak membuat akun sosial media, asal usianya sudah genap 14 tahun. Selain itu, menggunakan gadget untuk bermain games pun dibolehkan, asal tahu batasan dan kapan harus berhenti.

Menurut beberapa pakar, idealnya anak usia 4-5 tahun bisa diizinkan menggunakan gadget selama 2-4 jam per hari. Sisanya, fokuskan untuk bercengkrama dengan keluarga, atau main di luar rumah.

Eksplor Dunia Digital Bersama Anak

Tunjukan jika Smart Mom merupakan orangtua yang melek teknologi dengan cara mengeksplor dunia maya bersama mereka, dan tunjukan situs-situs mana saja yang boleh dikunjungi.

Selain itu, dengan mengeksplor dunia maya bersama anak, Smart Mom akan tahu konten seperti apa saja yang biasa mereka akses. Jika memang positif, dukung mereka. Jika memang negatif, tidak ada salahnya Smart Mom melakukan pem-blokir-an lewat fitur parental control. Selamat mencoba!

Prev Post

Yuk Mulai Menghitung Biaya Pendidikan Si Kecil, Smart Mom!

Next Post

Begini Cara Tangani Anak Tidak Bisa Diatur Zaman Now, Smart Mom!

SHARE TO