Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Smart Atasi Anak yang Sulit Bergaul

Posted on 29 September 2017, 03:16 AM
Tips Smart Atasi Anak yang Sulit Bergaul

Beberapa anak ada yang punya kemampuan bersosialisasi yang baik. Hal ini ditandai dengan mudahnya mereka berbaur dan cenderung mudah disukai teman-temannya, tapi ada juga anak yang cenderung diam dan sulit untuk berbaur dengan sesamanya.

Jika anak Smart Mom termasuk dalam kategori sulit bergaul, nggak perlu khawatir Smart Mom, berikut beberapa tips untuk mengatasinya.

Mencarikan teman yang aktif

Dibeberapa sekolah, ada guru yang kerap mengatur tempat duduk anak, dimana mereka yang cenderung pendiam dan sulit bergaul, akan dipasangkan dengan anak yang aktif dan mudah membaur.

Nah, teknik ini bisa Smart Mom tiru. Cobalah untuk mencarikan teman yang aktif bagi Si Kecil. Teman tersebut bisa merupakan sanak saudara, teman di lingkungannya, atau bisa juga teman sekolahnya. Cara ini efektif untuk memotivasi Si Kecil agar lebih aktif bergaul.

Sering mengajak ngobrol santai

Jangan pernah biarkan Si Kecil duduk sendiri. Sesekali, Smart Mom harus aktif dan mengajaknya untuk bicara santai, misalnya tentang teman-temannya di sekolah, rencana libur akhir pekan dan lainnya.

Dengan sering ngobrol santai, kepercayaan diri mereka akan lebih cepat terbentuk hingga akhirnya sifatnya yang pendiam dan sulit bergaul akan sedikit terkikis. Modal ini sudah cukup untuk membuat mereka terbiasa ngobrol santai dengan teman-teman sebayanya.

Selalu memberi motivasi

Terus motivasi Si Kecil agar mereka mau berbaur dengan teman-temannya. Misalnya, ayo Dik kamu bisa main dengan teman-temanmu, mereka baik kok!, atau, jangan diem aja, teman-temanmu udah nunggu tuh. Cepet gabung sana!

Dengan mendorong mereka untuk lebih aktif bergabung dengan anak-anak lainnya, lama kelamaan nyali Si Kecil akan lebih besar dan mereka pun siap untuk berbaur dengan teman-temannya.

Memberikan hadiah

Punishment and reward sepertinya masih jadi pola asuh favorit kebanyakan orangtua di Indonesia. Nggak ada salahnya Smart Mom memberikan hadiah saat Si Kecil mampu membaur dengan anak lainnya.

Nggak perlu hadiah yang mahal, cukup pujian atau memberikan sajian spesial bual Si Kecil dan teman-temannya. Dengan cara ini, tidak hanya Si Kecil yang lebih termotivasi, teman-temannya pun akan lebih termotivasi untuk lebih sering main dengan Si Kecil.

Prev Post

Ayah Tak Bisa Gantikan Peran Ibu bagi Anak Perempuan, Benarkah Smart Mom ?

Next Post

Pakai Cara Ini untuk Atasi & Cegah Bullying Pada Anak, Smart Mom!

SHARE TO