Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Smart Atasi Anak yang Susah Makan

Posted on 2 October 2017, 07:21 AM
Tips Smart Atasi Anak yang Susah Makan

Selain dianggap sebagai usia emas, usia Balita pun dianggap sebagai masa-masanya anak suka bermain. Hal ini terbilang wajar, mengingat di masa ini anak-anak terkadang lebih tertarik kepada mainan dan aktivitas bermain ketimbang makanan.

Walaupun begitu, ini bukan alasan Smart Mom boleh membiarkan Si Kecil terus membiarkan perutnya kosong. Lakukan trik ini untuk mengatasi anak yang susah makan.

Berikan variasi

Menu makanan yang itu-itu saja terkadang akan membuat siapapun bosan, terlebih bagi anak Balita yang cenderung lebih menyukai hal-hal yang baru.

Makanya, saat menyiapkan makanan untuk Si Kecil, sebaiknya Smart Mom memberikan variasi menu, minimal beri variasi warna dengan sayuran seperti tomat, wortel dan brokoli. Dengan warna dan tampilan yang lebih menarik, Si Kecil akan lebih semangat untuk memakannya.

Sajikan dalam porsi kecil

Idealnya, anak-anak harus diberi makan dalam porsi lengkap, dari mulai protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan lainnya. Tapi khusus untuk meningkatkan minat makan Si Kecil, sebaiknya berikan porsi makanan yang lebih kecil tapi sering.

Untuk teknik pembagiannya, Smart Mom bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika diperlukan, Smart Mom bisa memberi suplemen multi-vitamin. Tapi sebelum itu, konsultasikan dulu dengan dokter.

Jangan memaksa

Karena jengkel Si Kecil enggan membukan mulutnya, banyak orangtua yang akhirnya memilih jurus pamungkas, yakni dengan ancaman hingga paksaan.

Ketahuilah, cara ini sangat tidak direkomendasikan karena bisa menimbulkan trauma bagi Si Kecil. Bahkan dalam beberapa penelitian, anak yang selalu dipaksa untuk makan berisiko mengalami ganguan makan dan phobia makanan tertentu saat dewasa nanti.

Praktikkan pola makan teratur

Jangan lupa untuk membentuk pola makan teratur, misalnya sarapan jam 7 pagi, camilan siang jam 10, makan siang jam 12 dan seterusnya. Dengan pola makan yang teratur, Si Kecil akan terbiasa dan bahkan akan meminta makan jika waktunya sudah tiba. Manfaat lainnya, makan sesuai jadwal akan membuat lambung Si Kecil lebih kuat dan siap mencerna makanan dengan maksimal.

Prev Post

Ingin Anak Selalu Patuh? Begini Tipsnya Smart Mom!

Next Post

Makanan Manis Membuat Anak Hiperaktif, Mitos atau Fakta Smart Mom?

SHARE TO