Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Sukses Membujuk Si Kecil Tidur Siang

Posted on 30 October 2019, 02:53 PM
Tips Sukses Membujuk Si Kecil Tidur Siang

Entah mengapa, tidur siang menjadi musuh bebuyutan sebagian besar anak. Apa si Kecil termasuk salah satu di antaranya, Smart Mom?

Tidur siang sangat penting untuk anak karena mereka masih membutuhkan jam tidur lebih lama, yakni 11 sampai 13 jam per hari. Oleh karena itu mereka disarankan untuk tidur di siang hari. Lantas, apa saja manfaat yang akan didapatkan si Kecil yang rutin mematuhi kebiasaan tersebut?

Manfaat tidur siang untuk si Kecil

Si Kecil yang tidur sesuai porsinya akan menunjang produksi HGH atau hormon pertumbuhan. Hormon ini yang berfungsi merangsang pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, tidur cukup akan mencegah risiko kerusakan pembuluh darah jantung sekaligus mencegahnya dari peluang obesitas.

Sebuah studi dari Columbia University Medical Center melaporkan tidur akan meningkatkan kemampuan si Kecil saat belajar hingga meredakan kelelahan yang kadang membuat mereka rewel seharian.

Mari ajak si Kecil buat tidur siang!

Lalu, apa faktor yang membuat si Kecil ogah tidur siang? Bisanya mereka merasa terganggu karena waktu mainnya dipotong. Wajar saja karena anak-anak memang senang bermain. Namun, Smart Mom tak perlu cemas, sebab ada beberapa cara yang bisa dipraktikan supaya si Kecil mau tidur siang.

  • Ajak tidur selepas makan siang

Apa Smart Mom kerap mengantuk setelah menyantap makan siang? Si Kecil pun bisa mengalami hal serupa! Manfaatkan kesempatan tersebut untuk mengajaknya tidur siang. Tapi mungkin ada dari Smart Mom yang ragu, apakah boleh tidur setelah makan dan apakah ada jeda waktu terbaik antara makan dengan tidur siang?

Dilansir dari laman situs Health-Liputan6.com, menurut dokter sekaligus pakar nutrisi Dr. Grace Judio-Kahl, sebenarnya tidak ada jeda waktu terbaik antara makan dengan tidur siang.  Jika mengantuk, kita bisa tidur siang. Dokter pemerhati gaya hidup ini juga mengatakan tidur siang juga tidak memengaruhi proses pencernaan makanan dalam usus.

Tapi Dr. Grace Judio-Kahl mengingatkan, kondisi di atas tidak berlaku bagi mereka yang makan sampai kekenyangan. Ketika seseorang makan kekenyangan itu membuat lambung jadi penuh bila kemudian langsung berbaring bisa membuat perut jadi tidak nyaman.

Smart Mom bisa menciptakan lingkungan di sekitarnya agar terasa nyaman, misalnya menyalakan AC atau kipas angin, matikan teve dan lampu kamar, atau menjauhkannya dari jangkauan smart phone.

  • Susun jadwal tidur siang yang teratur

Melatih si Kecil tidur siang di jadwal yang sama setiap harinya akan membuat tubuhnya terbiasa. Namun atur waktunya agar tidak menyulitkan si Kecil tidur nyenyak pada malam hari, pastikan durasinya tak terlalu panjang. Waktu tidur ideal yang pas untuk anak adalah sekitar 20 sampai 30 menit. Tak terlalu sebentar maupun lama kan, untuk ukuran si Kecil?

  • Bantu dengan musik

Memaksa si Kecil tak akan membuat rencana tidur berjalan efektif. Ajaklah secara perlahan dan bertahap hingga si Kecil mau tidur siang tanpa perlu dibujuk. Smart Mom dapat menemaninya sambil memberikan tepukan di dahi atau punggung hingga si Kecil terlelap. Memutar musik instrumental juga dianggap dapat membuat si Kecil mengantuk sampai akhirnya tidur.

Itulah langkah-langkah yang bisa Smart Mom praktikan buat membujuk si Kecil tidur siang. Memang membutuhkan waktu tak sebentar, tetapi hasilnya pasti bakal memuaskan.

Prev Post

Mengenal Penghambat Kemandirian Balita

Next Post

Tips Persiapan Anak Camping di Sekolah

SHARE TO