Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Sukses Mendidik Si Kecil di Era Digital

Posted on 13 February 2020, 10:23 AM
Tips Sukses Mendidik Si Kecil di Era Digital

Orangtua zaman now menghadapi tantangan yang sangat besar dalam membesarkan buah hati mereka di era digital. Tidak sama dengan masa kecil generasi orang tua saat ini, ada perubahan dalam berkomunikasi karena anak-anak zaman now tumbuh dengan paparan teknologi.

Untuk menyikapi perkembangan teknologi, Smart Mom dan pasangan perlu mengambil tindakan untuk membentengi Si Kecil dari dampak negatif teknologi, khususnya teknologi komunikasi. Walaupun harus diakui dampak positifnya juga tidak sedikit.

Smart Mom tidak harus menjadi ahli teknologi. Tapi minimal Smart Mom harus tahu bagaimana mengelola pemakaian teknologi di rumah. Bagaimana caranya? Berikut adalah tipsnya.

Komunikasi

Smart Mom dan pasangan harus selalu menjaga komunikasi dengan Si Kecil. Maksud komunikasi di sini adalah orang tua menjabarkan pada anak kenapa perlu memanfaatkan teknologi untuk kebaikan, apa tujuan yang orang tua harapkan dengan mengizinkan anak bersentuhan dengan teknologi.

Beri juga informasi tentang jenis konten yang dapat mereka lihat di internet. Jangan lupa juga untuk menjelaskan resiko ketergantungan yang mungkin menimpa Si Kecil kalau terus-menerus menggunakan internet. Masukkan semua penjelasan tersebut dalam diskusi santai  dengan Si Kecil. Jangan enggan juga untuk mendengarkan pendapat Si Kecil ya, Smart Mom!

Mentoring & Memantau

Mentoring Si Kecil terkait kegiatannya di dunia digital mencakup tentang memberi pengajaran bagaimana Si Kecil menjadi warga digital yang baik dan mampu mengatur waktunya. Sedangkan memantau, Smart Mom harus tahu apa saja yang dilakukan Si Kecil sebagai warganet, tanpa membuat Si Kecil merasa dimata-matai, yang justru bisa menghilangkan kepercayaan anak pada orangtuanya.

Jadilah Contoh yang Baik

Ini merupakan hal yang paling penting. Smart Mom dan pasangan harus memberi contoh pada Si Kecil, kapan waktunya memakai  teknologi dan kapan untuk tidak menggunakannya. Ingat Smart Mom, anak-anak adalah peniru terbaik orang tuanya dan karena itu jadilah contoh yang baik agar perilaku Si Kecil di dunia digital juga akan baik.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Prev Post

Si Kecil yang Banyak Bertanya Berarti Cerdas, Mitos atau Fakta?

Next Post

Tak Lebih Dari 1 Jam untuk Bebenah Rumah, Ini Triknya!

SHARE TO